Cara Daftar Internet Banking BNI, Aktivasi Token, dan Panduan Transaksi

Bagaimana cara mengaktifkan fitur internet banking dari bank BNI? Apa saja syarat untuk menjadi nasabah yang bisa memakai layanan internet banking? Hampir semua perbankan di Indonesia telah menyediakan layanan internet banking, termasuk Bank BNI. Untuk mendaftar dan aktivasi fitur internet banking bagi akun nasabah anda, dapat dilakukan secara langsung di kantor cabang terdekat atau melalui mesin ATM dengan menggunakan kartu ATM yang anda miliki.

Dalam artikel ini akan dijelaskan cara mendaftar dan mengaktifkan layanan internet banking untuk rekening Bank BNI anda melalui mesin ATM. BNI Internet Banking adalah salah satu channel fasilitas e-Banking dari BNI untuk mengakses rekening yang dimiliki nasabah melalui jaringan internet dengan menggunakan perangkat lunak browser pada komputer atau smartphone. Untuk menikmati layanan ini, ada beberapa persyaratan yang wajib terpenuhi.

Syarat menjadi Nasabah Pengguna BNI Internet Banking

  • Merupakan Nasabah BNI.
  • Telah melakukan registrasi BNI Internet Banking melalui BNI ATM atau dengan mendatangi langsung Kantor Cabang terdekat, dan selanjutnya melakukan aktivasi melalui BNI Internet Banking.
  • Nasabah harus memiliki alamat e-mail yang aktif dan terdaftar di sistem BNI.
  • Nasabah harus memiliki nomor handphone yang aktif dan terdaftar di sistem BNI.
  • Telah membaca dan memahami syarat menjadi Nasabah Pengguna BNI Internet Banking.

Cara Daftar Layanan Internet Banking BNI di ATM

Adapun langkah langkah yang harus Anda lakukan:

  1. Pergilah ke ATM terdekat untuk memulai proses registrasi internet banking BNI
  2. Masukkan kartu ATM anda, dan seperti biasa masukkan PIN atau Password
  3. Setelah itu, pilih menu registrasi E-Channel, selanjutnya pilih menu BNI Internet Banking
  4. Pilih jawaban Setuju ketika di layar muncul pertanyaan “Anda akan melakukan registrasi BNI internet banking?”
  5. Masukkan kode PIN internet banking (6 digit angka) sesuai dengan keinginan anda (misal: 357129)
  6. Tahap berikutnya adalah mengulangi memasukkan kode PIN yang sama.
  7. Setelah proses registrasi selesai, jangan lupa ambil struk yang tercetak di mesin ATM untuk mendapatkan userID sebagai kode login internet banking BNI

Aktivasi Internet Banking BNI di Website

Setelah anda melakukan registrasi melalui mesin ATM, maka langkah selanjutnya melakukan aktivasi pada browser internet di laptop atau ponsel pintar anda. Langkah langkah pendaftaran internet banking di website meliputi:

  1. Buka browser internet anda, kemudian kunjungi situs BNI dengan alamat: https://ibank.bni.co.id
  2. Di bawah tombol Login ada keterangan Aktivasi, klik pada bagian link “Klik disini” untuk aktivasi pendaftaran BNI Internet Banking
  3. Anda akan melihat halaman baru “Aktivasi Pengguna Baru / Reset Password BNI Internet Banking”
  4. Masukan kode aplikasi yang tertera di struk ATM, kode verifikasi, dan PIN Registrasi yang diinput di ATM. Lalu klik “Cari
  5. Selanjutnya anda akan diminta untuk membuat userID, password, dan juga menambahkan alamat e-mail. User ID adalah identitas yang dimiliki oleh setiap Nasabah Pengguna dan harus dicantumkan/diinput setiap kali mengakses BNI Internet Banking. Pola userID biasanya berupa paduan huruf dan angka yang terdiri dari 8-10 digit, misalnya: Wawan2016
  6. Setelah proses aktivasi selesai, anda akan melihat halaman selamat datang, dan layanan internet banking BNI sudah aktif.

Namun, aktivasi dan fitur internet banking tersebut masih belum full service, karena tidak bisa dipakai untuk transfer dana atau pun pembelian produk. Hanya bisa digunakan untuk cek saldo dan mutasi rekening saja. Agar bisa menggunakan fasilitas internet banking BNI secara penuh, ada satu tahapan lagi yang perlu dilakukan, yakni aktivasi BNI eSecure.

Cara Memperoleh dan Aktivasi e-Secure BNI

BNI e-Secure adalah fasilitas bagi nasabah untuk melakukan otentifikasi transaksi dengan memanfaatkan perangkat khusus (token) yang diberikan oleh BNI untuk nasabah yang menghendakinya. Untuk mendapatkan perangkat kecil (eSecure BNI) tersebut, anda harus melakukan pemesanan. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Login ke situs internet banking BNI melalui browser di komputer atau smartphone anda.
  2. Setelah terbuka, pada halaman tersebut, pilih menu “Administrasi” lalu klik “Registrasi BNI eSecure”. Jangan lupa untuk mencetak (catat) nomor referensi pemesanan BNI eSecure yang anda lakukan.
  3. Pilih area dan kantor cabang terdekat untuk mengambil perangkat BNI eSecure yang anda pesan.
  4. Setelah proses pemesanan selesai, anda harus menunggu 10 hari hingga perangkat mini BNI eSecure yang telah anda pesan tersebut dikirim ke kantor cabang yang telah anda tunjuk tersebut.
  5. Setelah 10 hari, anda datang ke kantor cabang yang telah anda tunjuk dalam pemesanan untuk mengambil dan mengaktifkan BNI eSecure tersebut.
  6. Sebaiknya anda meminta penjelasan kepada petugas bank mengenai tata cara penggunaan BNI eSecure, atau membaca buku petunjuknya.

Setelah proses aktivasi BNI eSecure tersebut selesai, anda akan dapat menikmati sepenuhnya layanan internet banking BNI.

Cara Transaksi Menggunakan Fasilitas Internet Banking BNI

Salah satu hal penting dalam transaksi e-banking di bank BNI adalah proses mendapatkan kode token BNI e-Secure menggunakan perangkat mini BNI e-Secure. Proses yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Perangkat BNI e-Secure harus telah diaktifkan (aktivasi) saat pertama kali digunakan. Anda bisa meminta bantuan ke pegawai bank untuk proses aktivasi ini. Anda harus mengingat kode PIN untuk perangkat ini setiap kali digunakan.
  • Ketika anda melakukan transaksi lewat internet banking, perangkat ini harus dinyalakan untuk melihat kode token (PIN Dinamis) yang menjadi syarat utama agar transaksi diproses. Caranya, masukan kode angka yang tertera pada BNI e-Secure Challange ke dalam perangkat BNI e-Secure. Perangkat token tersebut secara otomatis akan mengubah kode e-Secure Challange menjadi kode PIN Dinamis (Token) yang harus anda masukkan ke  kolom BNI e-Secure Response.
  • Untuk lebih memahami penggunaan perangkat kecil BNI e-Secure tersebut, ada baiknya anda bertanya langsung ke petugas bank saat pertama kali mengambil dan mengaktifkan perangkat ini. Selain itu, baca juga secara cermat buku petunjuknya agar mampu menggunakan dengan benar.

Nah, demikianlah sekilas informasi mengenai tata cara registrasi dan mengaktifkan layanan internet banking untuk akun rekening BNI anda. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman anda di media sosial.

Satu pemikiran pada “Cara Daftar Internet Banking BNI, Aktivasi Token, dan Panduan Transaksi”

Tinggalkan komentar