10 Orang Terkaya di Dunia yang Tak Masuk Daftar Forbes

Siapa sajakah tokoh dunia yang sebenarnya memiliki kekayaan berlimpah tapi tak pernah tercantum dalam daftar peringkat pada situs Forbes? Dan mengapa hal tersebut bisa terjadi? Salah satu lembaga yang menjadi rujukan untuk mengetahui daftar orang terkaya di dunia saat ini adalah Forbes. Namun, tahukah Anda, bahwa daftar miliarder yang dipublikasikan oleh Forbes setiap tahun, atau bahkan secara real time ternyata tidak benar-benar mencantumkan semua orang terkaya terkaya di dunia.

Vladimir Putin, misalnya, sebenarnya bisa saja menjadi salah satu deretan orang terkaya di dunia, namun fakta ini sangat sulit dipastikan. Jika Anda ditanya sebuah pertanyaan “Siapakah orang terkaya di dunia?” Mungkin Anda akan menjawab Bill Gates atau Warren Buffet. Ya, jawabannya benar bila dilihat dari sumber tradisional.

Daftar yang dibuat oleh Forbes memang merupakan daftar otentik untuk mengetahui siapa yang memiliki properti paling banyak di dunia melalui metode mereka sendiri. Tapi apakah itu benar-benar memuat daftar semua orang terkaya di dunia?

Beberapa orang kaya di dunia lebih cenderung untuk tidak ingin diekspose aset properti dan keuangannya. Mereka hanya ingin “kaya dalam diam”. Hal ini karena semakin banyak properti yang mereka miliki akan membuat lebih banyak eye-watching point. Sehingga sebagian dari mereka hanya ingin hidup seperti orang biasa saja, padahal sejatinya punya simpanan kekayaan yang melimpah. Beberapa orang kaya lainnya memperoleh penghasilan dari sumber ilegal yang tidak dikenali oleh Forbes, seperti drug lord, gangster atau diktator.

Kita tahu Vladimir Putin mungkin adalah salah satu orang terkaya yang belum masuk dalam daftar Forbes. Seseorang mengklaim bahwa kekayaannya diperkirakan sekitar $ 70 miliar atau mungkin lebih dari itu. Namun, kita belum pernah melihat Putin membahas kekayaannya secara terbuka seperti taipan lainnya. Demikian pula dengan beberapa keluarga miliarder dan individu kaya berikut ini.

1. Keluarga kerajaan Saudi: $ 1,4 triliun


Keluarga kerajaan Arab Saudi diperkirakan memiliki kekayaan senilai sekitar $ 1,4 triliun. Seperti yang kita ketahui, properti dan harta yang setinggi gunung ini diperoleh melalui bisnis di industri minyak dan energi. Dengan industri yang sama, negara ini juga mampu bersaing dengan negara-negara besar lainnya di seluruh dunia serta memberikan pengaruhnya yang besar dalam peta politik internasional. Salman Abdulaziz al-Saud, sekarang satu-satunya pemimpin Arab Saudi, sudah memiliki aset lebih dari $ 1 miliar. Jika digabung dengan nilai properti anggota keluarga yang lain? Mungkin tujuh keturunan tidak akan habis.

2. Keluarga Rothschild: $ 350 miliar – $ 2 triliun


Beberapa anggota keluarga Rothschild telah terdaftar oleh Forbes sebagai konglomerat terkaya di dunia namun jika kekayaan setiap anggota keluarga dikumpulkan, diperkirakan mereka memiliki lebih dari $ 400 miliar aset harta. Keluarga keturunan Yahudi-Jerman itu memperoleh kekayaan dari dinasti perbankan yang dibangun dan dikelola bersama secara turun temurun. Dinasti perbankan Rothschild dibangun oleh Mayer Amschel Bauer, pria kelahiran Frankfurt, Jerman. Setelah ayahnya meninggal, tak hanya melanjutkan bisnis keluarga, Bauer juga mengganti namanya menjadi Mayer Amschel Rothschild.

3. Vladimir Putin: $ 200 miliar


Secara tidak resmi, Vladimir Putin adalah orang terkaya di dunia dengan jumlah dua kali lebih banyak dari harta milik Bill Gates. Donald Trump juga seorang pengusaha yang sangat kaya. Namun, kekayaan tersebut tidak bisa menandingi Putin, yang telah menjadi Presiden dan Perdana Menteri Rusia sejak 1999. Selama periode ini, Putin telah mengumpulkan ratusan miliar dolar dari negaranya dan disimpan dalam rekening rahasia di seluruh dunia. Sebuah testimonial dari pakar keuangan Bill Browder baru-baru ini memperkirakan kekayaan bersih Putin sekitar $ 200 miliar.

4. Muammar Gadaffi: $ 200 miliar


Sebelum digulingkan dan dibunuh, Muammar Gadaffi dilaporkan sebagai salah satu orang terkaya sepanjang masa. Mantan pemimpin Libya itu kehilangan mahkotanya selama revolusi Arab di tahun 2011. Namun, situasinya sangat berbeda karena dia dilaporkan memiliki kekayaan luar biasa sekitar $ 200 miliar. Semua aset kekayaannya tersembunyi di balik rekening bank rahasia, dan dalam bentuk real estat dan investasi perusahaan di seluruh dunia.

5. Bashar al-Assad: $ 122 miliar


Siapa yang tidak tahu nama tokoh politik ini. Nama Bashar al-Assad sering disebutkan sepanjang krisis dan konflik yang menimpa Suriah yang berlanjut sampai hari ini. Keluarga Assad telah lama memerintah di Suriah sejak awal tahun 70an sementara Bashar mulai mengambil alih kursi presiden setelah ayahnya meninggal pada tahun 2000. Perkiraan resmi mengklaim bahwa kekayaannya bernilai sekitar $ 1,5 miliar, namun diduga nilai sebenarnya jauh lebih tinggi. Seperti Hosni Mubarak, rumor aset Assad dan harta benda tersembunyi di mana-mana di seluruh dunia dan bernilai total lebih dari $ 120 miliar.

6. Hosni Mubarak: $ 70 miliar


Ini lagi-lagi merupakan pemimpin Timur Tengah yang digulingkan dalam revolusi ‘Arab Spring’ pada tahun 2011. Hosni Mobarak adalah Presiden keempat Mesir dari tahun 1981 sampai 2011. Sebelum bergabung dengan politik, Hosni Mobarak bertugas sebagai petugas angkatan udara. Kini, Hosni yang berusia 89 tahun hidup dengan aset senilai $ 70 miliar yang diperolehnya selama masa pemerintahannya.

Seorang jaksa Mesir telah menulis dan mengklaim bahwa Hosni Mubarak dan keluarganya memiliki harta dan aset tak terduga. Menurut jaksa, properti Hosni sebenarnya melebihi $ 700 miliar. Namun, nilainya tidak bisa dikonfirmasi karena hanya Hosni dan keluarganya yang tahu.

7. Ali Abdullah Saleh: $ 30 – 62 miliar


Ali Abdullah Saleh adalah mantan presiden Yaman yang berkuasa setelah mantan penguasa tersebut terbunuh. Ali memegang jabatan tersebut selama lebih dari tiga dekade. Yang menarik dari mantan Presiden ini adalah bahwa ia tidak pernah menyelesaikan sekolah dasar. Ali bergabung dengan tentara di usia muda sebelum menjadi kolonel. Seperti pemimpin Timur Tengah lainnya, kewenangannya patah selama Revolusi Arab di tahun 2011. Namun, sepanjang masa jabatannya, dia telah mengumpulkan miliaran dolar untuk kepentingannya sendiri.

8. Bhumibol Adulyadej: $ 30 miliar


Raja Thailand baru saja meninggal pada tahun 2016, namun kekayaan senilai $ 30 miliar tetap ada dan tumbuh. Banyak yang tidak menyadari bahwa raja yang memegang takhta selama 70 tahun itu adalah orang yang sangat kaya. Sepanjang masa pemerintahannya, Raja Bhumibol banyak berinvestasi di bidang real estat. Investasi Raja Bhumibol akan terus meningkat karena modal semakin terkonsentrasi dan berubah menjadi pusat internasional utama di Asia Tenggara dalam beberapa tahun terakhir.

9. Hassanal Bolkiah: $ 20 miliar


Kita semua sadar dan sudah tahu bahwa raja tetangga kita benar-benar orang kaya. Tapi tahukah Anda, Sultan Hassanal Bolkiah memiliki tempat tinggal pribadi terbesar di dunia? Kita di sini bisa menyewa apartemen dengan dua atau tiga kamar. Tapi Sultan Brunei yang megah ini memiliki 1.800 kamar secara keseluruhan di rumahnya. Aset $ 20 miliar berasal dari industri minyak dan gas bumi. Kabarnya, pria karismatik ini juga memiliki lebih dari 600 unit mobil Rolls Royce.

10. Zine al Abidine Ben Ali: $ 17 miliar


Zine al Abidine Ben Ali yang berusia 81 tahun adalah presiden Tunisia dari tahun 1987 sampai 2011. Sang mantan presiden ini dilaporkan memiliki aset dan harta tersembunyi senilai $ 17 miliar. Seperti tokoh diktator lain, kabarnya Zine al Abidine telah mengumpulkan miliaran dolar dari Tunisia untuk keuntungan sendiri. Namun, sebagian besar dari jumlah ini telah dikembalikan dengan aman kepada rakyatnya setelah penggulingan dalam revolusi di kawasan Arab.

Nah, demikianlah sederet daftar orang yang memiliki aset harta berlimpah namun tak masuk dalam catatan rangking Forbes. Sebagai informasi tambahan, bahwa di tahun 2019, tiga orang yang berada di posisi teratas sebagai orang terkaya di dunia adalah Jeff Bezos, Bill Gates, dan Warren Buffett.

Tinggalkan komentar