105 Pantun Buat Mantan ~ Sindiran Balikan Menyakiti

Apa yang kamu rasakan ketika tanpa sengaja berjumpa dengan sang mantan? Mungkin di dalam hatimu akan kembali muncul perasaan sakit hati yang telah lama terkubur dalam-dalam. Atau mungkin juga rasa rindu dan kenangan manis kembali hadir di dalam pikiran karena kamu masih mengharapkan cintanya. Atau yang kamu rasakan adalah perasaan hambar dan biasa-biasa saja, karena kamu telah berhasil move on dari kisah masa lalu.

Setiap orang tentu memiliki perasaan yang berbeda-beda ketika berbicara tentang mantannya. Pilihannya hanya dua, yakni move on untuk mencari cinta yang lain, atau bertahan dan setia mengharapkan cintanya untuk kembali. Apa pun pilihan yang kamu yakini, semua tergantung rasa di dalam diri, dan setiap pilihan memiliki konsekuensi tersendiri.

Nah, kumpulan pantun untuk mantan yang disajikan dalam artikel ini mengandung berbagai topik yang mungkin bisa mewakili perasaan kamu saat ini. Ada topik pantun buat mantan yang ingin ngajak kamu balikan, ada pantun yang bertujuan sebagai sindiran buat mantan, ada pantun tentang kerinduan pada mantan kekasih, ada pantun kesedihan buat mantan yang telah menyakiti, dan topik-topik pantun untuk mantan lainnya.

Pantun buat mantan yang menyakiti

Ketika rasa sakit hati begitu dalam dirasakan karena ulah sang mantan, pasti banyak kata sumpah serapah yang tercuat. Nah, kumpulan pantun buat sang mantan ini sangat cocok sebagai bentuk ekspresi kamu yang merasa terzolimi karena pengkhianatan cinta.

1. Buah manggis dicampur ketan
Buah mengkudu diremuk-remukkan
Jangan menangis duhai mantan
Sebab dulu kau yang putuskan.

2. Peras santan dibuat donat
Donat enak banyak peminat
Buat mantan yang berkhianat
Semoga tidak mendapat laknat.

3. Jual mangga belinya alpukat
Dibuat jus dimakan ngengat
Raga kita tak lagi dekat
Kenangan lalu jangan diingat.

4. Selembar tikar diikat benang
Kakak membawa pakaian renang
Mantan pacar jangan dikenang
Karena membuat hati tak tenang.

5. Kelapa diperas menjadi santan
Santan dimasak sama ponakan
Ngapain juga mikirin mantan
Cinta yang indah disia-siakan.

6. Beras dimasak bersama ketan
Dibuat kue buat seorang kawan
Buat apa mengenang mantan
Dia bukanlah seorang pahlawan.

7. Sakit perut terasa berat
Diberi obat sepiring kerang
Sejak lama cinta kurawat
Sayang sudah diambil orang.

8. Ke Bengkulu membeli roti
Perut kenyang berseri-seri
Janjinya dulu sehidup semati
Ketemu yang lain jadi lupa diri.

9. Dari Medan ke Kintamani
Membeli suling dan juga kain
Malang nian nasibku ini
Mantan kawin dengan yang lain.

10. Burung merpati terbang melayang
Patah sayap jatuh ke sarang
Dalam hati masih menyayang
Apa daya sudah milik orang.

11. Ada beruang memangsa ikan
Ikan melompat penuh ketakutan
Aku berjuang mempertahankan
Sekarang hanya sekedar mantan.

12. Burung pipit, burung murai
Indah berkicau di balik tirai
Air mata jatuh berderai
Teringat dulu waktu bercerai.

13. Datang ke kota menjual intan
Intan terpajang di tengah pameran
Semua cerita dengan sang mantan
Kan ku jadikan sebuah pelajaran.

14. Duduk berdua bersebelahan
Jalan-jalan di atas jembatan
Hancur cinta karena selingkuhan
Lupakan kenangan bersama mantan.

15. Jangan terlena dengan jabatan
Jika diangkat, godaan ditahan
Buat apa ingat mantan
Mending kita mengingat Tuhan.

16. Kayu jati dibuat peti
Peti dikirim ke pulau Bali
Kalau hati sudah tersakiti
Jangan harap datang kembali.

17. Ke Bosnia mencari kerang
Malah berjumpa dengan beruang
Agar dunia kembali riang
Kenangan mantan harus dibuang.

18. Kulit bentol kena gigitan
Nyamuk nakal banyak kawanan
Simpan mantan dalam ingatan
Sebagai bekal dalam perjalanan.

19. Layang-layang di selatan
Terbang rendah ke pelabuhan
Yang disayang t’lah jadi mantan
Bukan jodoh yang disiapkan Tuhan.

20. Lihat artis rebut-rebutan
Artis cantik metropolitan
Jangan lagi mengingat mantan
Sudah pergi tanpa pamitan.

21. Main kecapi di saat pagi
Senarnya putus terkena jari
Jangan diratapi pacar yang pergi
Agar sedihmu cepat berlari.

22. Mobil balap tabrak-tabrakan
Lalu diangkut di atas sampan
Wajah mantan harus dilupakan
Karena di luar banyak yang tampan.

23. Ikan hiu berlusin-lusin
I miss you, tapi diselingkuhin.

24. Pergi ke hutan menangkap itik
Jatuh ke danau tak mau naik
Meski mantan wajahnya cantik
Tapi dia bukan orang yang baik.

25. Santan masak jadikan adonan
Airnya meluap jadi berserakan
Mantan sudah duduk di pelaminan
Mari bangkit dari keterpurukan.

Pantun balikan sama mantan

Apakah kemarin kamu bertemu dengan mantan dan mengajak untuk balikan? Apakah kamu masih merasakan luka karena dulu pernah disakiti oleh mantan? Ataukah kamu sudah memaafkannya dan bersedia untuk merajut kembali asa yang pernah tertunda? Semua keputusan ada di tanganmu, dan kumpulan pantun ini bisa mengekspresikan “ya mau” dan “tidak mau”.

26. Ada setan di atas pohon
Setan hitam terlihat blo-on
Kalau mantan memohon-mohon
Itu tandanya belum move-on.

27. Air laut terlihat pasang
Jahit baju banyak benang
Cinta lama sudah usang
Untuk apa masih dikenang.

28. Paman berjalan ke tengah hutan
Menangkap burung dan juga ikan
Mantan minta satu kesempatan
Haruskah aku mengiyakan?

29. Pagi sarapan lauknya ikan
Ikan digoreng campur lodeh
Kala mantan ngajak balikan
Aku bilang, oke deh…

30. Berangkat ke hutan si tuan raja
Tiba di sana membangun tenda
Berjumpa mantan biasa saja
Karena cinta sudah tak ada.

31. Cabut gigi di bagian dalam
Dokter datang di tengah malam
Jangan lagi mengirim salam
Kisah kita sudah tenggelam.

32. Jaksa membaca sebuah pasal
Pasal tentang warisan kerabat
Mantan berkata dia menyesal
Tapi semuanya telah terlambat.

33. Jalan berliku tidak merata
Di tengah-tengah ada pagoda
Mungkin dulu diriku buta
Kini sudah tidak tergoda.

34. Jalan-jalan di waktu pagi
Libur sekolah ke Pulau Bali
Ngajak balikan setelah pergi
Maaf ya, aku nggak peduli.

35. Jalan-jalan ke padepokan
Badan letih tetap ditahan
Si mantan minta balikan
Pingin ngajak ke pernikahan.

36. Jembatan kecil jadi titian
Melintas sungai ada retakan
Mantan rajin beri perhatian
Rupanya dia ingin balikan.

37. Jualan koran di percetakan
Ada berita tentang penarikan
Sudah lama aku ditinggalkan
Datang-datang ngjak balikan.

38. Jualan santan di Kalimantan
Santan dibawa ke kota Tarakan
Sekali mantan tetaplah mantan
Jangan berharap minta balikan.

39. Katak melompat ganti-gantian
Merapat pelan tiba ke tepian
Mantan datang cari perhatian
Tampaknya dia hidup kesepian.

40. Makan kentang di perhentian
Rasanya enak ditambah abon
Mantan datang curi perhatian
Tampaknya dia belum move on.

41. Pagi sarapan lauknya ikan
Cuci mulut pakai pepaya
Kala mantan ngajak balikan
Aku bilang, ogah yaa…

42. Paman berjalan ke tengah hutan
Naik kuda jenisnya jantan
Mantan minta satu kesempatan
Tapi ku sudah hilang ingatan.

43. Pergi ke gunung cari perguruan
Ada pendekar acak-acakan
Hati bingung dan nggak karuan
Ternyata mantan minta balikan.

44. Pergi ke pasar beli santan
Depan sekolah membeli bakso
Ada mantan ngajak balikan
Tidak semudah itu ferguso.

45. Pulpen habis isilah tinta
Tinta sedikit dibawa letnan
Walaupun masih tersimpan cinta
Lebih baik kita temenan.

46. Sore hari rumputnya basah
Hujan datang depan madrasah
Mantan memilih untuk berpisah
Tetapi kenapa dia gelisah.

47. Tubuh lelah mau rebahan
Jangan rebahan sama majikan
Ku maafkan semua kesalahan
Tapi bukan untuk balikan.

48. Ikan gabus ikan betutu
Jatuh satu di tengah jalan
Menangis duduk di pintu
Melihat kekasih pergi berjalan.

49. Naik kereta berdesak-desak
Jalan perlahan kaki terinjak
Hatiku sesak tangis terisak
Ada perpisahan tak bisa dielak.

50. Pegang dahan, patah batangnya
Jatuh dedaunan di atas roda
Jika perpisahan adalah jalannya
Kuterima dengan lapang dada.

Pantun sindiran buat mantan

Nah, di bawah ini merupakan aneka pantun yang cocok dipakai untuk menyindir mantan kamu.

51. Ada preman berwajah bengis
Temannya datang mukanya sinis
Melihat mantan sedang menangis
Di hati senang terasa manis.

52. Ada rumah di tengah dukuh
Rumah tua terlihat kukuh
Ketemu mantan jadi sok angkuh
Dia gak sadar pernah ku rengkuh.

53. Ayam betina, ayam jantan
Naik perahu seberang lautan
Aku tatap wajah sang mantan
Matanya penuh rasa kekalutan.

54. Bambu tajam buat sembilu
Berduri pula si pohon randu
Yang lalu biarlah berlalu
Usah dikenang mengusik rindu.

55. Bapak petani naik angkutan
Istrinya datang mau arisan
Hari ini berjumpa mantan
Rasanya hambar tiada berkesan.

56. Bawa sabit pedagang asongan
Jual makanan mengandung santan
Rasa sakit akan kebohongan
Kelak dirasakan oleh sang mantan.

57. Bikin santan malam-malam
Santan dimasak buat yang ngidam
Kenangan mantan begitu kelam
Harus lupakan biar tak dendam.

58. Buah kepala di dalam peti
Petinya hilang dibawa maling
Katanya cinta setengah mati
Baru seminggu sudah berpaling.

59. Bunga layu di atas bangku
Janganlah mengeluh ketika jemu
Wahai kamu yang singgah di hatiku
Pergilah jauh bersama khianatmu.

60. Burung perkutut makan ketan
Bapak petani membawa rotan
Ngapain harus mikirin mantan
Kalau di sini ada gebetan.

61. Dari Kualanamu ke Maluku
Bawa hadiah sekilo duku
Dulu kamu yang mutusin aku
Sekarang kamu udah gak laku.

62. Daun acar dimakan beruang
Acar direbut sama bekantan
Mantan pacar harus dibuang
Agar lenyap dari ingatan.

63. Di bis kota himpit-himpitan
Sampai lupa tempat alamatnya
Lama sudah tak jumpa mantan
Sampai lupa siapa namanya.

64. Hari rabu membeli roti
Roti dimakan di dalam kantin
Kalau gak mau untuk disakiti
Makanya dulu jangan nyakitin.

65. Hutang dibayar dengan kontan
Dapat uang dari Pakistan
Apa kabar dikau sang mantan
Masihkah sama seperti setan?

66. Jalan-jalan ke Norwegia
Balik ke rumah bawa cerita
Ku buat kamu bahagia
Tapi akhirnya ku menderita.

67. Kakak Arjuna bernama Bima
Paling cepat badannya berkeringat
Kita berpisah sudah lama
Kenangan itu tak usah diingat.

68. Kalimantan hutannya lebat
Bangun pagi kerja yang giat
Lihat mantan sudah bertobat
Jangan lagi buat maksiat.

69. Kamar ratu berwarna biru
Ratu pulang membawa jamu
Bahagialah kamu dengan yang baru
Tapi jangan lupakan utang-utangmu.

70. Ke Belanda di musim semi
Salju mencair ke dalam parit
Inilah derita yang aku alami
Kegagalan cinta yang amat pahit.

71. Ke Kalimantan main layang-layang
Jatuh di pasir terkena cangkang
Wajah mantan terbayang-bayang
Langsung ingin berak ke belakang.

72. Ke Pondok Indah naik angkutan
Badan jatuh, patahlah tulang
Kenangan indah bersama mantan
Semoga takkan pernah terulang.

73. Ke toko bangunan beli paku
Jangan lupa membawa palu
Dulu kamu yang mutusin aku
Sekarang kamu yang jadi malu.

74. Kena tembak harus diperban
Perban dibalut bersama koran
Berlagak sebagai korban
Nyatanya kamu adalah pemeran.

75. Kuda makan ekornya goyang
Perutnya lapar sudah keroncongan
Saat di depan ucapkan sayang
Eh, di belakang main tikungan.

76. Kue putu berbahan ketan
Tarus dua di dalam rantang
Saat aku terkenang mantan
Aku teringat setumpuk utang.

77. Monyet putih bukan bekantan
Suka memakan ranting rotan
Terima kasih untuk sang mantan
Kini hidupku tak lagi rentan.

78. Pergi ke gurun melihat gua
Tumbuh banyak si pohon kurma
Jika kamu dulu mendua
Sekarang nikmatilah karma.

79. Pergi ke sungai naik perahu
Perahu tiba di kota Maluku
Mantan pamer kekasih baru
Tetapi lebih jelek dari aku.

80. Pisau tumpul hendak diasah
Beri air supaya basah
Jika memilih untuk berpisah
Kenapa sekarang masih gelisah.

81. Pohon rotan tidak berbulu
Layu mati karena benalu
Mantan hanyalah masa lalu
Jangan sampai membuat halu.

82. Saat pagi nyalakan lilin
Lilin terbelit selembar kain
Mantan pergi, aku ditinggalin
Saatnya bangkit, cari yang lain.

83. Saat petang hujannya rintik
Nonton wayang jangan melirik
Mantan datang terlihat cantik
Tapi sayang tidak menarik.

84. Sehat badan terasa prima
Karena makan semangkuk kurma
Lihat mantan membuat trauma
Sakit di dada susah diterima.

85. Selembar besi sudah karatan
Buat dipakai memasang rotan
Jangan bersedih mikirin mantan
Karena kamu masih jadi rebutan.

86. Setelah rehat boleh berenang
Lalu bermain sebuah kendang
Mantan yang jahat jangan dikenang
Lebih baik namanya ditendang.

87. Sumpah dipegang secara kukuh
Saat panas harus berteduh
Kamu itu yang selingkuh
Mengapa aku yang kau tuduh.

88. Tengah malam membaca buku
Buku tipis seputar harajuku
Selamat malam mantan-mantaku
Apakah masih tak laku-laku?

89. Anak penyu dimakan ikan
I love you tapi menyakitkan.

90. Balap kuda di tengah arena
Kuda melompat bawa pelana
Ku bawa cinta penuh pesona
Namun ternyata jadi merana.

Pantun untuk mantan yang masih disayang

Bagaimanapun juga, banyak diantara kalian yang tidak bisa begitu saja melupakan kenangan indah bersama mantan pacar. Perasaan sayang dan rindu itu mungkin masih tetap tertanam di dalam hati, seperti yang terungkap pada pantun untuk mantan berikut ini.

91. Bawa kereta menuju panti
Henti sejenak di jalan merpati
Cerita kita telah berganti
Namun kenangan tetap di hati.

92. Bila dapat sebuah kesempatan
Jangan lambat buat pengamatan
Apa kabar dikau sang mantan
Moga cepat dapat gebetan.

93. Buah kelapa dibuat santan
Taruh ke kamar di atas papan
Bila berjumpa dengan sang mantan
Perutku lapar ingin sarapan.

94. Bulan bersinar ketika malam
Keluar rumah mencari makan
Kepada bulan kutitipkan salam
Atas rinduku pada sang mantan.

95. Di tengah kamar tersimpan plastik
Lukisan indah semewah mozaik
Apa kabar mantanku yang cantik
Moga keadaannya selalu baik.

96. Ikan hiu dibawa boncengan
I miss you, tapi hanya kenangan.

97. Jual mangga belinya alpukat
Dibuat jus airnya pekat
Walau raga tak lagi dekat
Namun cinta tetap melekat.

98. Ke Maluku melihat patung
Singgah sebentar di Balai Tanjung
Mungkin aku kurang beruntung
Kisah cinta tiada berujung.

99. Kue cucur diberi ketan
Rasanya hangat ditambah santan
Hatiku hancur semakin rentan
Bila teringat dengan sang mantan.

100. Pura besakih di Gunung Agung
Tempat nyaman buat merenung
Biarlah aku yang menanggung
Rindu mantan yang menggunung.

101. Rajin kerja biar tak susah
Kerja merantau ke Cilacap
Meski kita sudah berpisah
Rasa sayangku tak pernah lenyap.

102. Sungai meluap banyak airnya
Masuk ke kalas ada limbahnya
Jika berpisah adalah akhirnya
Aku ikhlas untuk menerimanya.

103. Ada tamu banyak uangnya
Anjing lepas, putus talinya
Kucinta kamu apa adanya
Tapi dihempas, tiada gunanya.

104. Air diminum jika sendawa
Agar nafas kembali biasa
Indah cinta yang aku bawa
Tapi kecewa yang aku rasa.

105. Anak penyu dimakan ikan
I love you tapi menyakitkan.

 

Tinggalkan komentar