Daftar 10 Wanita Tercantik di Dunia Menurut Hasil Polling Online

Siapa wanita tercantik di dunia tahun ini? Tentu jawabannya sangat bervariasi, karena persepsi dan definisi kecantikan untuk setiap orang adalah berbeda-beda. Nah, bagaimana dengan hasil polling? Jika anda ditanya, mungkin ada yang menjawab Natasha Wilona karena dulu suka dengan kisah sinetron Anak Jalanan, atau mungkin pula ada yang menjawab wanita tercantik di dunia saat ini adalah “kekasih saya”.

Menentukan siapa wanita tercantik di dunia bukanlah perkara yang mudah, karena itu merupakan masalah rasa yang sulit diukur dengan angka. Tapi, dengan menggabungkan semua pendapat dan pilihan masyarakat internasional, kita akan dapat membuat daftar urutan wanita tercantik di dunia sesuai dengan hasil polling (vote) yang telah dilakukan.

Nah, di dunia ini ada berbagai pihak yang telah melakukan riset, survey atau pun polling untuk mencari data mengenai siapa yang pantas didaulat sebagai perempuan tercantik sejagat raya, salah satunya adalah melalui situs voteformost(dot)net. Sepanjang tahun lalu, para pembaca situs tersebut diberi kesempatan untuk mengajukan sekaligus memilih kandidat wanita tercantik di seluruh dunia. Dari ribuan usulan nama yang diajukan, terpilih 200 perempuan cantik yang memperoleh polling suara (vote) paling banyak. Nah, siapa sajakah mereka?

Wanita Tercantik di Dunia menurut Sains (Ilmu Pengetahuan)

Sebelum anda membaca daftar orang tercantik tersebut, ada baiknya anda mencermati arti cantik menurut para ilmuwan. Menurut pemetaan wajah ilmiah terbaru, Amber Heard disebut memiliki wajah paling cantik di dunia. Wajah Amber Heard dianggap paling dekat dengan Greek Golden Ration of Beauty alias rasio kecantikan Yunani kuno. Dalam ilmu pengetahuan yang diwariskan oleh orang-orang Yunani kuno, keindahan dan kesempurnaan suatu benda yang dilihat oleh mata dan dipersepsikan oleh otak manusia dapat diukur dan dijabarkan dengan istilah “Golden Ratio” atau rasio emas.

The Golden Ratio adalah bilangan irasional yang nilainya mendekati 1,618. Angka ini sering dipakai dalam konsep geometri, seni, arsitektur, hingga gambaran makhluk hidup. Gedung Parthenom di Yunani, masjid Uqba di Tunisia, dan pola daun Aeonium Tabuliforme terlihat indah karena memiliki golden ratio mendekati angka 1,618. Nah, nilai golden ratio tersebut rupanya ada pada wajah Amber Heard, seorang aktris Amerika yang lahir di tahun 1986.

Raut muka Amber, menurut dokter bedah Harley Street Dr. Julian De Silva, adalah yang paling mendekati rasio ideal tersebut. Bentuk pola alisnya, matanya, hidungnya, bibirnya, dagunya, rahangnya, dan bentuk wajahnya mencapai angka 91,85% dari rasio ideal Golden Ratio yang biasanya disimbolkan dengan huruf Yunani φ (baca Phi). Menyusul di belakang Amber adalah Kim Kardashian dengan 91,39%, Kate Moss dengan 91,06%, Emily Ratajkowski dengan 90,8%, dan terakhir Kendall Janner dengan 90,18%. Nah, berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kecantikan sempurna wajah seorang perempuan adalah yang mirip-mirip dengan Amber Heard.

Nah, kembali pada topik awal mengenai deretan perempuan tercantik, pada artikel ini akan disajikan 10 nama cewek yang didaulat sebagai wanita tercantik di dunia saat ini dengan perolehan polling paling tinggi. Kebanyakan dari mereka berasal dari kalangan artis (selebritis) yang memiliki nama populer di negaranya masing-masing. Inilah daftar 10 wanita paling cantik di dunia saat ini:

1. Tuba Buyukustun (Turki)

Wanita tercantik di dunia saat ini menurut hasil polling tersebut adalah Tuba Buyukustun yang berasal dari Turki. Dengan perolehan suara mencapai 80.279 voter, perempuan kelahiran 5 Juli 1982 ini dipilih sebagai wanita tercantik di dunia, meskipun usianya sudah di angka 35 tahunan.

Tuba Buyukustun, dikenal pemirsa TV Indonesia lewat peran Elif dalam sinetron Cinta Elif, serial Turki yang pernah tayang di ANTV. Artis ini membintangi berbagai film drama, dan telah menikah dengan aktor Onur Saylak pada tahun 2011. Tuba Buyukustun dan Onur Saylak dikaruniai anak kembar Maya Saylak dan Toprak Saylak.

2. Maine Mendoza (Filipina)

Di rangking ke dua yang memperoleh polling tertinggi adalah aktris muda asal Filipina yang bernama Nicomaine Dei Capili Mendoza, yang lebih dikenal sebagai Maine Mendoza. Selain sebagai aktris, gadis kelahiran tahun 1995 ini juga merupakan seorang presenter televisi dan bahkan dijuluki sebagai “Ratu Dubsmash Filipina” karena berbagai video dubsmashnya yang menjadi viral.

Cewek yang memperoleh jumlah voter sebanyak 69.916 suara ini telah sukses membawa acara di permainan Eat Bulaga, serta juga tampil dalam film My Bebe Love: #KiligPaMore dimana ia meraih Penghargaan Aktris Pendukung Terbaik di Festival Film Metro Manila ke-41.

3. Song Ji Hyo (Korea Selatan)

Di urutan ke tiga dengan jumlah suara mencapai 57.659 voter ditempati oleh Song Ji Hyo, seorang aktris, pembawa acara, dan model asal Korea Selatan. Wanita kelahiran 15 Agustus 1981 ini mulai populer setelah berperan sebagai ballerina Min Hyo Rin dalam acara serial televisi Princess Hours. Keaktrisannya makin bersinar setelah membintangi peran sebagai Lady Yesoya dalam serial televisi Jumong (MBC, 2006) dan sebagai Ratu di A Frozen Flower.

Ia kemudian mendapat pengakuan lebih lanjut berkat perannya dalam serial Emergency Couple (2014) dan My Wife’s Having an Affair this Week (2016). Sebelum Song memulai debutnya sebagai aktris, ia menjadi model untuk Kiki Magazine. Ia memilih “Song Ji-hyo” sebagai nama panggungnya karena terinspirasi oleh dua aktor kenamaan Song Seung-heon dan Song Hye-kyo.

4. Song Hye Kyo (Korea Selatan)

Selebriti cantik asal Korea ini juga dipilih sebagai salah satu perempuan tercantik di bumi ini menurut hasil polling yang dilakukan voteformost(dot)net. Ia merupakan aktris sekaligus model yang terkenal melalui berbagai serial drama populer seperti Autumn in My Heart (2000), All In (2003), Full House (2004), That Winter, The Wind Blows (2013), dan drama sukses Descendants of the Sun (2016). Di Indonesia, kecantikan dan popularitas aktris ini sudah tidak diragukan lagi, terutama ketika serial televisi Full House menghiasi layar televisi di Indonesia sekitar sepuluh tahun lalu.

5. Sanaya Irani (India)

Di urutan ke-5 dengan total 28.883 suara ditempati oleh Sanaya Irani, seorang pemain film sekaligus peragawati asal India. Sanaya Irani lahir dan dibesarkan di kota Mumbai. Dia memiliki dua saudara kandung yang menetap di Chicago, Amerika Serikat. Sanaya menghabiskan tujuh tahun pendidikannya di sebuah Boarding School di Ooty dan lulus dari Perguruan Tinggi Sydenham.

Debut akting Sanaya Irani dimulai saat ia tampil di film produksi Yash Raj Films, Fanaa, pada 2006 silam. Film karya sutradara Kunal Kohli tersebut digawangi oleh bintang-bintang film papan atas India, Aamir Khan dan Kajol. Sanaya memainkan karakter Mehbooba alias ‘Bobo’, salah satu teman Zooni Ali Beg yang diperankan Kajol. Di Indonesia, kecantikan wajah Sanaya mulai populer ketika serial drama yang berjudul Khushi ditayangkan di SCTV.

6. Kathryn Bernardo (Filipina)

Kathryn Chandria Manuel Bernardo atau yang lebih populer dengan nama Kathryn Bernardo merupakan cewek cantik asal Filipinan yang lahir di Kota Cabanatuan pada 26 Maret 1996. Dia adalah seorang aktris Filipina dimana mulai dikenal karena perannya sebagai Mara dalam drama Filipina waktu perdana Mara Clara. Bernardo menjadi artis kontrak Star Magic dan ABS-CBN sejak 2010 dan paling terkini membintangi sebagai Ana Bartolome dalam film drama 2011 Way Back Home.

Kathryn Bernardo juga memainkan peran protagonis utama Mikay dalam serial waktu perdana Princess and I. Di usianya yang masih belia ini, ia juga dikenal sebagai “Ratu Remaja” Filipina karena sejumlah kesuksesannya dan kecantikannya, FHM UK menempatkannya pada daftar “10 Negara Terpanas di Dunia Teratas”, mewakili negara tersebut di tempat kelima bersama dengan aktris Perancis-Filipina Solenn Heussaff pada Juli 2014.

7. Tzuyu Chou (Taiwan)

Pilihan ke-7 dengan jumlah polling mencapai 20.988 suara adalah Tzuyu Chou, gadis belia asal Taiwan. Tzuyu Chou merupakan seorang penyanyi yang berada dalam girlband k-pop Twice. Gadis muda kelahiran Taiwan, pada 14 Juni 1999 ini mulai merintis karir di bidang entertainment pada tahun 2012. Dia menarik perhatian pencari bakat agensi di MUSE Performing Arts Workshop di Tainan, dan kemudian pergi ke Korea Selatan pada bulan November untuk menjalani pelatihan sebagai bintang K-pop.

Setelah lebih dari dua tahun menjalani pelatihan, dia kemudian muncul di acara survival Korea Selatan SIXTEEN pada tahun 2015, yang kemudian membuatnya menjadi salah satu anggota dari girl grup baru JYP, TWICE. Dari kelompok vokal tersebut, ia kemudian sukses membuat debut perdana pada Oktober 2015.

8. Park Sooyoung (Korea Selatan)

Popularitas Korea di kancah internasional tidak hanya terkenal melalui beragam produk elektroniknya, seperti Samsung dan LG, tetapi juga budaya dan bisnis hiburannya, seperti K-Pop (musik) dan serial televisi (K-Drama). Hal ini yang mungkin menyebabkan artis-artis Korea mulai unjuk gigi di kancah global, bukan hanya di kawasan Asia saja, tetapi mampu merambah ke kawasan Amerika dan Eropa, contohnya PSY lewat lagu Gangnam Style.

Park Sooyoung atau akrab dipanggil Joy juga ikut populer berkat popularitas budaya dan dunia hiburan Korea. Ia didaulat sebagai salah satu wanita tercantik di dunia dengan perolehan suara mencapai 16.072 voter. Park Soo-young lahir di Provinsi Jeju, Korea Selatan pada 3 September 1996. Ketika masih kecil, Joy tertarik pada musik trot modern. Dia diterima oleh S.M. Entertainment setelah mengikuti “Audisi Global S.M.” di Seoul pada tahun 2012. Dia dilatih di bawah agensi ini selama dua tahun, dan selama waktu itulah pelatih vokalnya memberinya nama panggung “Joy”.

9. Souhila Ben Lachhab (Aljazair)

Souhila Ben Lachhab adalah seorang penyanyi terkenal berasal dari Aljazair. Gadis kelahiran 9 November 1994 ini memiliki wajah kearab-araban dan merupakan penyanyi yang sering membawakan lagu berbahasa Arab, salah satunya berjudul Balad Al Malyoun Chahid. Dari hasil polling, dara cantik ini berhasil memperoleh dukungan 15.875 suara.

10. Hazal Kaya (Turki)

Pesona gadis cantik asal Turki, bernama Hazal Kaya ini mampu memikat hati para pria. Cewek kelahiran tahun 1990 di kota Istambul ini memulai karir sebagai seorang pemain serial televisi lokal berjudul Genco. Kemudian, popularitasnya semakin beranjak sukses dalam berbagai judul film, diantaranya: Çalgı Çengi, Ay Büyürken Uyuyamam, İtirazım Var, dan Kırık Kalpler Bankası. Selain sebagai aktris, Hazal Kaya juga merupakan seorang model yang berparas cantik jelita.

Nah, demikianlah daftar 10 wanita tercantik yang banyak “divote” pembaca di situs polling voteformost.net. Sebagai tambahan, disajikan pula beberapa data wanita cantik dari berbagai negara.

Alycia Debnam Carey, Cewek Tercantik di Australia

Terpilih dalam urutan ke-11 sebagai wanita tercantik di dunia adalah Alycia Debnam Carey. Ia merupakan seorang aktris dengan paras wajah yang cantik. Wanita kelahiran 20 Juli 1993 ini telah mengawali karir dalam dunia akting sejak berusia 8 tahun, kemudian makin populer melalui film Martha’s New Coat. Alycia selanjutnya memasuki dunia Hollywood pada tahun 2012 dengan mengikuti casting di Next Stop Hollywood.

Film terakhir yang baru dibintanginya adalah Friend Request yang dirilis tahn 2016 lalu. Sementara, baru-baru ini, artis kelahiran kota Sydney ini berhasil masuk dalam nominasi penghargaan sebagai Best Younger Actor on a Television Series oleh Saturn Award.

Erin Krakow, Aktris Cantik dari Amerika Serikat

Sementara itu, cewek tercantik asal Amerika Serikat yang masuk dalam daftar polling tersebut adalah Erin Krakow. Wanita kelahiran 5 September 1984 tersebut meru[akan seorang aktris cantik yang membintangi sejumlah film dan serial tv, diantaranya Army Wives, Castle, Good Girls Revolt, dan Finding Father Christmas. Ia memperoleh suara 4.388 dan berada di urutan ke 23. Selain itu, ada juga sosok Holland Roden dan Kristen Stewart sebagai wanita tercantik dari USA.

Minatozaki Sana, milik Jepang

Jepang memiliki gadis tercantik bernama Minatozaki Sana, bukan Miyabi (Maria Ozawa). Meskipun ia berkewarganegaraan Jepang, namun ia merintis karir di Seoul – Korea Selatan sebagai penyanyi. Sana mengikuti acara realitas SIXTEEN yang diadakan JYP Entertainment untuk membentuk girl grup baru. Pada episode final SIXTEEN, Sana dinyatakan terpilih sebagai anggota Twice.

Emma Watson, Cewek Seksi dari Inggris

Emma Watson (Emma Charlotte Duerre Watson), lahir di Paris, 15 April 1990 adalah seorang aktris dan model yang berasal dari Inggris. Watson terkenal karena memerankan karakter Hermione Granger dalam film seri Harry Potter sejak berusia sembilan tahun. Kecantikan muka gadis ini mampu manarik perhatian kaum adam.

Wanita Tercantik di Indonesia

Jika anda ingin mencari sosok wanita – wanita tercantik asal Indonesia, tentu jumlahnya sangat banyak, mulai dari kalangan artis, politikus, entreprenur, olahragawan, model, pegawai pemerintahan, hingga warga biasa. Nah, dalam polling tersebut, beberapa nama yang masuk dalam daftar, diantaranya: Yuki Kato, Maudy Ayunda, dan Jessica Mila.

Demikianlah daftar peringkat orang-orang tercantik di dunia. Memang data di atas tak bisa menjadi acuan utama dalam mendaulat kecantikan seseorang, apalagi metode polling yang digunakan serta popularitas situs masih cukup mendunia. Namun, paling tidak dari data tersebut kita bisa mengenal profil dan sosok wanita-wanita yang populer karena kecantikan wajahnya. Sebagai informasi tambahan, saksikan juga video “The 100 Most Beautiful Faces” dari TC Candler (Majalah Digital Dunia).

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga tidak akan membuat anda kecewa karena mungkin sosok wanita yang anda idolakan tidak masuk dalam daftar. Sekali lagi, kualitas tentang kecantikan hanya merupakan persepsi saja, dan tidak bisa diukur atau dibandingkan dalam angka.

Tinggalkan komentar