7 Tips Utama Meningkatkan Bisnis dengan Media Sosial

Kehadiran media sosial yang kuat yang dapat memandu bisnis Anda berjalan dengan baik di pasar yang kompetitif saat ini. Inilah mengapa platform media sosial sama pentingnya dengan strategi-strategi bisnis yang lain. Dengan ribuan bisnis yang memperluas jangkauan mereka ke dunia online, maka tidak diragukan lagi persaingan semakin tinggi saat ini. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara melindungi bisnis Anda dengan bantuan media sosial dari kompetisi yang begitu ketat.

Meskipun kegiatan analisis untuk hal tersebut bukanlah perkara yang sulit, namun kita tidak dapat menyangkal bahwa ini melibatkan pendekatan teknis. Hanya dengan memahami cara kerja media sosial, Anda dapat memberikan yang terbaik. Berikut adalah sejumlah tips untuk melindungi bisnis Anda di pasar yang kompetitif dengan media sosial.

Pahami Algoritma Platform Media Sosial

Konten yang muncul di feed audiens mungkin tampak acak bagi seseorang pada awalnya, tetapi sebenarnya tidak. Semua platform media sosial, baik itu Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp, dan lainnya memiliki algoritme tertentu yang memutuskan konten apa yang akan ditampilkan bagi masing-masing akun.

Pilihan konten biasanya telah disesuaikan oleh platform media sosial untuk setiap pengguna. Ada banyak parameter yang dipertimbangkan, mulai dari buku kontak mereka, posting yang disukai, riwayat pencarian, aktivitas di feed, dan sebagainya.

Alasan di balik platform media sosial bekerja sangat keras dalam membangun umpan khusus adalah untuk memperkaya pengalaman pengguna. Yang pasti, orang-orang memilih platform media sosial daripada situs web mainstream karena alasan yang bagus, salah satunya adalah pengalaman.

Karena itu, sebagai pemilik bisnis, Anda harus mewaspadai trik-trik yang digunakan platform media sosial ini. Hanya dengan begitu Anda dapat mendesain konten yang membuatnya lebih cocok dibandingkan dengan kompetitor Anda. Ini akan memastikan bahwa konten hasil kurasi Anda yang masuk ke feed pengguna media sosial.

Jadi, kiat pertama untuk bisa berdiri selangkah lebih depan dari pesaing Anda adalah memenuhi permintaan pengguna. Buat riset terus-menerus dan perbarui kebiasaan. Cari tren dan kebutuhan yang dibicarakan pengguna. Tangani masalah saat ini dan bangun konten sesuai dengan apa yang sedang tren. Pada saat yang sama, perhatikan konten pesaing Anda agar selalu selangkah lebih maju dalam hal konten dan ide.

Membuat Profil yang Menarik

Salah satu hal yang menarik audiens untuk tetap setia mengikuti akun media sosial Anda adalah profil Anda. Profil tersebut mencakup gambar sampul, deskripsi, layanan yang ditawarkan serta fitur lain yang bervariasi dari satu platform ke platform lainnya. Oleh karena itu, membuat profil yang menarik dan relevan, adalah satu hal utama yang perlu Anda lakukan saat berencana melindungi dan mengembangkan bisnis Anda dari persaingan.

Membuat gambar sampul yang menarik untuk profil Anda, bisa berupa foto grup staf perusahaan Anda, hingga sekilas tentang pekerjaan Anda. Jika Anda merupakan merek individu maka Anda dapat menyoroti beberapa atau yang lain dari karya Anda untuk menarik pemirsa.

Saat ini, gambar gratis berkualitas tinggi tersedia di beberapa situs online. Anda dapat memilih gambar yang paling relevan berdasarkan identitas merek Anda.

Selalu Melacak Tren

Media sosial adalah rumah bagi tren, berita, dan mode terkini. Oleh karena itu, pastikan untuk menyesuaikan konten dan posting Anda dengan tren terbaru untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas trafik. Lagipula, orang lebih cenderung mencari konten yang terkait dengan tren terkini.

Anda dapat memantau tren terbaru dengan melihat pesaing Anda atau beberapa halaman populer di platform media sosial. Tujuan Anda harus mencoba dan menggabungkan dengan tepat tren terbaru yang Anda lihat di pasar. Pada saat yang sama, cobalah untuk tidak mengorbankan keunikan Anda dalam prosesnya. Ingatlah selalu bahwa, pada akhirnya, audiens hanya akan tertarik jika Anda memiliki sesuatu yang unik untuk ditawarkan.

Sering Memposting Konten

Salah satu tujuan utama, saat berada di media sosial, adalah mempertahankan pengikut yang baik. Inilah sebabnya mengapa memposting konten sering kali menjadi hal yang amat penting. Ini tidak hanya membantu Anda mempertahankan kontak dengan audiens Anda tetapi juga membuat mereka tetap mendapat informasi tentang ide dan merek Anda.

Pada saat yang sama, Anda juga harus memastikan untuk mengumpulkan “like” atau followers yang banyak dan keterlibatan pada postingan Anda. Dengan cara ini, Anda tampak lebih populer dari ratusan atau ribuan halaman atau profil serupa di media sosial. Selain itu, ini memberi Anda keunggulan dalam hal keterlibatan dan aktivitas pada posting Anda.

Memastikan Foto Thumbnail Dipilih Sendiri

Sebagian besar konten media sosial akhirnya dibagikan secara luas jika itu bagus. Ini juga sesuatu yang harus Anda targetkan. Oleh karena itu, cobalah untuk memastikan bahwa Anda memilih gambar mini yang bagus untuk posting Anda.

Cobalah untuk memodifikasinya sedemikian rupa sehingga itu dapat “berbicara” tentang konten Anda dengan lantang dan jelas. Selain itu, cobalah untuk menempatkan diri Anda pada posisi penonton online dan pilih sesuatu yang mereka akan tertarik untuk melihat lebih jauh.

Menggunakan kata-kata yang menarik

Bukan hanya thumbnail tetapi juga judul dan deskripsi konten, terutama blog, yang penting. Kata-kata seperti ‘mengejutkan’, ‘tahukah Anda’, dan ‘terbaik’ secara otomatis menciptakan intrik di benak pembaca.

Mereka merasa tertarik dan ingin tahu dan akhirnya mengunjungi situs Anda dari puluhan artikel dan gambar yang ada di hadapan mereka. Ini adalah cara cerdas untuk mengalahkan pesaing Anda di dunia media sosial.

Menciptakan Citra Merek (Brand Image) yang Menarik

Sangat penting bagi Anda untuk mengambil langkah yang tepat dalam memasarkan konten, ide, tagline dan merek Anda dan menghasilkan citra yang unik untuk diri/bisnis Anda sendiri.

Proses membangun merek ini tidak hanya melibatkan pengerjaan ide-ide, tetapi juga daya tarik visual di media sosial. Langkah pertama yang sudah dipaparkan di atas adalah pembuatan profil dan logo yang bagus.

Logo merek atau bisnis Anda harus ikonik sekaligus unik. Ini harus menjadi “cahaya penuntun” untuk profil Anda di media sosial. Semua posting Anda dapat mengikuti tema yang sama di sekitarnya dalam hal warna, bentuk, dan berat. Ini adalah salah satu cara paling cerdas untuk mengungguli pesaing Anda sekaligus menciptakan basis audiens yang solid pada saat yang bersamaan.

Kesimpulan

Internet adalah tempat di mana setiap orang suka menghabiskan lebih dari separuh hari mereka, baik untuk bekerja maupun bersantai. Internet, dan terutama media sosial, berfungsi sebagai gudang informasi dan kumpulan hiburan. Para pelaku bisnis telah melirik media sosial sebagai tempat pemasaran, membangun citra, dan juga menjalin koneksi dengan audiensnya.

Dengan persaingan yang luar biasa saat ini, Anda tidak dapat berharap untuk melampaui pesaing Anda tanpa menerapkan beberapa trik yang telah dijabarkan di atas. Semoga deretan tips tersebut terbukti bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan komentar