Cara Mudah Bisnis Properti Tanpa Modal untuk Pemula

Menurut persepsi sebagian orang, menjalankan bisnis properti memerlukan modal yang besar. Namun, jika anda cermat, bisnis properti ternyata dapat dimulai tanpa perlu modal sepeser pun. Bagaimanakah caranya? Modal yang paling utama untuk memulai bisnis di sektor properti, baik itu tanah atau pun bangunan adalah keterampilan komunikasi. Kepandaian berbicara dan mengekspresikan bahasa tubuh ketika memasarkan sebuah properti merupakan modal awal yang bisa membuat anda sukses meskipun tanpa sokongan dana yang memadai.

Nah, dalam artikel informasi ini akan disajikan 7 langkah memulai bisnis properti dari nol tanpa harus memiliki sejumlah dana besar sebagai modal awalnya.

1. Berani Memulai dari Nol

Ada banyak pelajaran dan pengalaman yang bisa diperoleh ketika anda berani mencoba bisnis dari titik nol. Memang akan ada banyak tantangan dan hambatan yang dihadapi saat anda terjun pertama kali dalam bisnis properti. Namun, ketika anda sukses, semua pengalaman tersebut akan terasa lebih manis dan anda akan memiliki sikap mental berbisnis yang lebih kuat.

Sebagai developer pemula yang minim pengalaman, anda sebaiknya mengamati strategi dan inovasi yang dilakukan oleh developer berpengalaman. Pakai CCTV ATM yang diartikan sebagai Contek Cermati Tela’ah dan Variasikan atau Amati, Tiru, lalu Modifikasi. Jadi lakukan pengamatan, tiru sedikit, kemudian dimodifikasikan.

2. Coba Awali dari Lingkungan Anda

Pergaulan harus lebih diperluas agar anda lebih mudah menyerap informasi, terutama yang berkaitan dengan calon konsumen yang sedang ingin membeli properti dan para developer yang ingin menjual produk propertinya. Anda juga harus rajin dan fokus dalam mencarikan properti agar hasilnya tidak sia-sia. Sebagai permulaan, anda harus memahami elemen nilai. Yang dimaksud elemen nilai adalah sebagai pengumpulan data properti dan pasar selengkap mungkin. Dalam elemen nilai ini, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, yakni: permintaan, utilitas, kompetitor, metode promosi, dan keadministrasian (misal perjanjian kontrak).

3. Rajin Melihat Iklan dan Mencari Calon Pembeli

Iklan penjualan properti makin marak di tahun ini, bukan hanya pada media surat kabar saja, tetapi telah merambah luas di media digital, termasuk iklan-iklan di berbagai jenis aplikasi mobile. Jika anda ingin mendapatkan peluang bisnis di sektor properti, maka harus rajin – rajin melihat iklan di berbagai media.

4. Jalin Kerjasama dengan Para Developer

Carilah sebanyak-banyaknya calon penjual dan pelaku bisnis properti (developer) untuk diajak kerjasama. Sebaiknya jalin kerjasama di atas kertas agar lebih jelas dan tidak ada pihak yang dirugikan. Setelah mengikat kerjasama, tugas Anda adalah mencari pembeli yang tepat. Di sinilah keahlian marketing Anda diperlukan. Anda harus memahami cara meyakinkan calon pembeli.

5. Manfaatkan Media Sosial dan Aplikasi Mobile

Pemasaran bisa dilakukan di berbagai tempat termasuk di media sosial, seperti Facebook dan Pinterest. Selain itu, meskipun anda menjalankan bisnis properti secara individu, anda juga sebaiknya membuat website sebagai sarana pemasaran secara online secara profesional. Nah, di era mobile phone ini, jangan lupa pula untuk memanfaatkan aplikasi mobile yang akan membantu meningkatkan kinerja bisnis properti anda. Ada beberapa aplikasi smartphone yang berguna untuk membantu bisnis properti anda. Untuk hal ini akan dijelaskan lengkap pada bagian bawah dalam artikel ini.

6. Tambah Ilmu dan Wawasan Bisnis Anda

Jika memungkinkan, sebaiknya anda mempunyai mitra atau partner atau seorang ahli ataupun sumber lainnya yang dapat membantu anda dalam memahami dan menjawab pertanyaan tentang properti yang akan anda jual belikan. Perluasan jaringan dan komunitas bertujuan untuk saling bertukar informasi, wawasan, atau melakukan deal untuk pembelian bersama-sama, dan sebagainya.

Pelajari pula berbagai formula yang ada dalam dunia investasi properti. Misalnya, jika anda berencana membeli rumah sebagai investasi uang anda, maka pertimbangkan dan negosiasikan formula penawaran anda, misalnya ajukan 75% dari harga untuk biaya perbaikan dan penyempurnaan kondisi rumah tersebut. Perhatikan juga Net Operating Income dan Capitalization Rates dalam bisnis anda.

Sebagai seorang developer pemula, anda dapat menggali informasi dengan mengikuti seminar, diskusi dengan para pengembang yang telah sukses, dan menambah ilmu dari media internet, atau lewat membaca buku, seperti buku Property Magic oleh Simon Zutshi, buku Make Cash in Property Market Crash oleh Rob Moore dan Mark Homer, dan lainnya.

7. Sisihkan Keuntungan sebagai Modal Tambahan

Setiap Anda memperoleh profit berupa komisi ataupun selisih keuntungan penjualan, pastikan Anda menyisihkan sebagian keuntungan tersebut untuk diinvestasikan dan memperbesar usaha Anda nantinya. Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian lagi untuk kepentingan sosial atau bersedekah. Dengan berbagi rejeki, niscaya rezeki Anda pun dimudahkan oleh Tuhan.

Nah, berikutnya anda mungkin perlu membaca informasi mengenai aplikasi smartphone yang bermanfaat untuk para pebisnis properti. Atau sebaiknya anda menyimak 8 tips beli rumah untuk disewakan dan dijadikan bisnis sampingan pada link ini.

Aplikasi Bagus untuk Pebisnis Properti

Ada beragam media yang biasa digunakan untuk mendapatkan informasi seputar dunia properti tersebut, salah satunya adalah dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi web maupun mobile. Berikut ini akan disajikan 4 aplikasi terbaik yang bisa anda download secara gratis melalui smartphone anda:

1. Sitegeist

Sitegeist adalah salah satu aplikasi yang dapat memiliki banyak kegunaan tergantung pada apa yang perlu Anda ketahui. Di mana pun Anda berada, aplikasi ini mampu menyajikan berbagai data menarik tentang daerah sekitarnya: misal usia rata-rata penduduk, kontribusi politik, suhu rata-rata, komuter tren, dan tempat-tempat populer terdekat. Dengan aplikasi Sitegiest ini, anda akan mampu berkomunikasi dan menginformasikan kepada klien anda tentang fakta-fakta menarik di seputaran wilayah properti tersebut.

2. Vert

Banyak orang berpendapat bahwa Vert adalah sebuah aplikasi sebagai alat konversi yang keren. Agen real estate sering berurusan dengan banyak metrik yang berbeda: ukuran, berat, volume, panjang, dan bahkan terkadang mata uang. Aplikasi Vert ternyata menjadikan smartphone Anda sebagai converter all in one yang pas di saku. Tersedia gratis di iOS untuk versi basic, dan untuk versi Pro seharga $ 1,99.

3. Zillow

Zillow merupakan aplikasi yang tersedia di beragam platform mobile. Aplikasi ini digunakan untuk melakukan pencarian properti. Dengan sejumlah filter pencarian yang kuat dan fitur tambahan seperti kalkulator KPR, akses ke persediaan, dan perkiraan harga properti, aplikasi ini menawarkan gambaran yang cukup baik dari pasar real estate dan properti yang tersedia. Banyak tersedia daftar (termasuk nomor MLS listing) untuk memfasilitasi pencarian Anda. Aplikasi ini tersedia di Android, iOS, dan web secara gratis.

4. Google Maps

Aplikasi buatan Google ini memang sudah tidak diragukan lagi. Aplikasi peta ini wajib dimiliki oleh para pebisnis properti. Ketika klien telah siap untuk mengunjungi daftar properti potensial yang ditawarkan, maka Google Maps adalah alat yang sangat diperlukan dalam saku Anda dalam membimbing Anda menuju ke alamat yang dimaksud. Tersedia di Android, iOS, Windows Phone dan web secara gratis.

Demikianlah sekilas gambaran bagaimana caranya untuk memulai bisnis properti bagi para pemula tanpa harus dimulai dengan modal besar. Dengan kemampuan komunikasi yang handal dan perluasan jaringan, niscaya anda bisa memulai bisnis jual beli properti dengan modal nol rupiah.

Tinggalkan komentar