10 Fakta Mengejutkan Manfaat Makan Buah Pisang

Dalam dunia pengobatan, ada sebuah ungkapan populer yang menyatakan bahwa mengkonsumsi apel setiap hari dapat menjauhkan Anda dari dokter. Namun, mungkin hanya sedikit yang tahu bahwa buah pisang juga bisa mengurangi rutinitas Anda berkunjung ke dokter. Hal ini karena ada segudang manfaat pisang bagi kesehatan, dimana dalam buah ini terkandung banyak vitamin dan nutrisi penting bagi tubuh.

Apa saja zat gizi penting yang ada dalam buah pisang? Beberapa nutrisi dan senyawa tersebut di antaranya: karbohidrat, vitamin A, C dan B6, zat besi, magnesium, seng, natrium, fosfor, kalsium, kalium dan gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Beragam nutrisi tersebut membuat pisang menjadi buah super yang merupakan bagian integral dari rezim harian yang sehat. Nah, apa sajakah manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh kita?

1. Membantu mengendalikan depresi

Menurut survei terbaru terhadap orang-orang yang menderita depresi, banyak peserta merasa jauh lebih baik setelah makan pisang. Buah pisang ternyata mengandung triptofan, sejenis protein yang diubah oleh tubuh menjadi serotonin. Zat ini dikenal dapat membantu pikiran lebih rileks, memperbaiki suasana hati, dan secara umum membuat kita merasa lebih bahagia.

Selain itu, ketika kita mengalami insomnia karena tekanan depresi, kita dapat mengkonsumsi buah pisang sebelum tidur. Kandungan triptofan tersebut akan membantu kita tidur lebih baik dan nyenyak.

Pisang juga mengandung tyrosine, asam amino yang meningkatkan kadar norepinefrin dan dopamin. Tingkat rendah neurotransmiter yang merangsang fungsi otak, kewaspadaan, dan konsentrasi ini sering dikaitkan dengan depresi.

2. Meningkatkan kesehatan mata

Pisang mengandung Vitamin A, dimana seperti yang kita ketahui vitamin yang larut dalam lemak ini sangat penting untuk kesehatan mata. Asupan vitamin A harian yang cukup juga mengurangi risiko kebutaan di senja hari.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Archives of Ophthalmology, mengkonsumsi tiga porsi pisang atau lebih per hari juga dapat mengurangi risiko seseorang mengalami degenerasi makula terkait usia. Ini merupakan penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa sebesar 36% dibandingkan dengan yang mengkonsumsi kurang dari 1,5 porsi setiap hari.

3. Obat mual di pagi hari

Jika Anda merupakan wanita hamil yang baru berada di triwulan pertama, dan sering merasakan mual-mual di pagi hari, maka Anda bisa mencoba mengkonsumsi buah pisang. Khasiat menenangkan yang terkandung pada buah pisang berperan dalam membantu memulihkan tubuh dan mengembalikan kadar glukosa darah yang sehat. Ini, pada gilirannya, membantu memerangi mual.

Wanita hamil disarankan untuk makan pisang setelah bangun pagi dan setelah makan. Selain itu, pisang memiliki beberapa nutrisi yang dapat membantu membangkitkan suasana hati dan mendukung perkembangan fisik bayi yang belum lahir.

4. Mengobati anemia

Pisang adalah salah satu sumber zat besi yang bagus untuk orang-orang yang sering mengalami anemia. Seperti yang kita ketahui, kekurangan zat besi merupakan faktor utama penyebab kondisi kesehatan ini dan makan makanan yang kaya akan zat besi dapat membantu mengisi kembali mineral esensial ini.

Konsumsi pisang secara teratur bersama dengan makanan kaya zat besi lainnya secara bertahap dapat mengurangi gejala yang terkait dengan anemia termasuk kelelahan, pusing, sakit kepala, sesak napas dan detak jantung yang cepat.

5. Membantu penurunan berat badan

Jika Anda sedang memiliki program diet sehat dan menurunkan berat badan, maka buah pisang adalah salah satu pilihan yang sempurna. Pisang memiliki rendah lemak, kaya serat dan vitamin. Serat makanan dalam pisang membantu dalam penyerapan air dan mengosongkan banyak ruang di perut Anda, memungkinkan Anda merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, buah yang bernama latin Musa paradisiaca ini mampu meningkatkan metabolisme karena berbagai macam kandungan vitamin B-nya. Rasa manis alami juga akan memperlambat keinginan “ngemil” ketika Anda merasa perlu makan sesuatu yang manis.

6. Mendukung jantung yang sehat

Pisang kaya akan kalium, yang merupakan salah satu mineral elektrolit yang penting bagi jantung kita. Kalium menembus sel-sel di dalam tubuh dan membantu sistem peredaran darah mengirimkan oksigen ke otak. Ini juga membantu menjaga detak jantung secara teratur dan keseimbangan air yang cukup dalam tubuh.

Mereka yang suka mengkonsumsi makanan yang kaya kalium seperti pisang akan berpotensi memiliki tekanan darah yang teratur, mencegah berbagai penyakit jantung, dan juga dapat secara substansial mengurangi risiko stroke.

7. Menenangkan sakit maag

Pisang mempengaruhi kesehatan lambung dengan dua cara. Pertama, beberapa zat dalam pisang membantu membentuk lapisan tebal lendir pelindung di lambung yang berfungsi sebagai penghalang asam lambung. Selain itu, juga membantu menetralkan keasaman makanan, yang dapat berkontribusi pada pembentukan luka pada lambung.

Kedua, pisang mengandung protease inhibitor yang membantu menghilangkan bakteri dalam perut, yang merupakan salah satu penyebab utama tukak lambung.

8. Menyediakan energi alami

Pisang memiliki campuran unik vitamin, mineral, dan karbohidrat yang menyediakan pasokan energi alami yang cepat. Selain itu, pisang memiliki campuran sehat dari tiga gula alami: glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Kombinasi gula ini memiliki potensi energik yang besar.

Pisang adalah salah satu dari sedikit buah yang mengandung karbohidrat kompleks dan sederhana. Karbohidrat kompleks memberi Anda daya tahan dan karbohidrat sederhana memberi Anda energi cepat. Mengkonsumsi dua buah pisang akan memberi Anda energi yang cukup untuk melakukan latihan selama 1 sampai 2 jam.

9. Mengatur pergerakan usus

Pergerakan usus yang tidak teratur adalah masalah kesehatan yang menjengkelkan yang dapat dengan mudah diselesaikan dengan konsumsi pisang secara teratur.

Pisang mengandung banyak serat tak larut yang melewati saluran pencernaan, menyeka limbah dan menciptakan gerakan usus yang halus dan mudah dilewati.

Namun, jika terlalu banyak mengkonsumsi pisang, tetapi minum air yang kurang, akan dapat menyebabkan konstipasi. Selain itu, makan pisang yang belum matang juga dapat menyebabkan konstipasi dan gas. Jadi disarankan untuk makan buah pisang yang sudah matang dan harus dibarengi dengan minum cukup air sehari.

Pada saat yang sama, pisang membantu mengobati diare karena mengandung pektin, serat yang larut dalam air yang bertindak sebagai agen pembentuk gel dan membantu menyerap cairan di usus.

10. Menyembuhkan gigitan nyamuk

Nah, manfaat yang terakhir ini mungkin tak langsung berhubungan dengan asupan nutrisi pada tubuh Anda, namun tetap juga terkait dengan kesehatan. Gigitan nyamuk menyebabkan banyak gatal dan kadang-kadang terasa sakit. Anda bisa mengobati gejala ini dengan kulit pisang.

Gosok bagian dalam kulit pisang pada area gigitan selama lima hingga sepuluh menit. Ini akan membantu mengurangi rasa gatal dan bengkak. Bahkan, obat sederhana ini seringkali bekerja lebih baik daripada krim atau obat yang ada di apotek.

***

Nah, demikianlah sederet manfaat hebat buah pisang. Dengan semua manfaat kesehatan dari buah murah ini, maka disarankan untuk menambahkannya ke daftar belanjaan Anda setiap kali Anda pergi ke pasar atas swalayan. Pisang adalah pilihan yang bagus untuk camilan manis yang sehat di rentang jeda jadwal makan.

Tinggalkan komentar