4 Sifat Cinta Menurut Warna, Unsur Alam, dan Bangun Datar

Apa itu CINTA? Cinta hanyalah sebuah kata yang terdiri dari lima huruf, yakni C.I.N.T.A. Jika dilihat dari sudut pandang bangun datar, seperti apakah maknanya? Kata Cinta itu bisa juga bermakna Cahaya Ilusi Nyata Titipan Allah. Cinta itu seperti sebuah ilusi yang tak terlihat namun sebenarnya nyata ada di setiap hati manusia yang dititipkan oleh Sang Maha Pencipta.

Jika kita berbicara tentang cinta memang tak akan pernah habisnya. Ada banyak hal yang bisa kita gali, termasuk sifat-sifat cinta. Nah, mungkin uraian berikut ini bisa sedikit memberi wawasan dan imajinasi kepada anda tentang apa itu cinta dan bagaimana sifat dan karakternya.

Sifat-sifat Cinta dalam Warna

Cinta bisa dikupas dari berbagai sisi kehidupan, mulai dari khayalan hingga barang yang kasat mata dapat diterjemahkan dalam kamus cinta. Kali ini saya mencoba memberikan pandangan tentang sifat-sifat cinta berdasarkan pilihan warna yang disimbolkan dengan lambang atau gambar hati/jantung. Umumnya, gambar cinta diwarnai dengan merah jambu (pink) sebagai simbol keromantisan. Tapi tidak semua orang menyukai warna tersebut dalam melukiskan isi cintanya kepada sang kekasih. Ada warna-warna lain yang menjadi pilihan bagi seseorang dalam mengungkapkan keunikan cintanya. Adapun sifat-sifat cinta berdasarkan warna yang dipilih adalah seperti berikut:

Cinta Dalam Warna Merah

Tanda cinta dalam warna merah adalah melambangkan  keabadian dan kesejatian. Seperti darah yang mengalir dalam raga, selama tetap berwarna merah maka selama itu cinta takkan berubah. Orang yang menyukai lambang cinta yang berwarna merah biasanya memiliki sisi keinginan dan kegigihan yang kuat dalam menjaga cintanya agar tetap lestari. Cinta Sejati adalah kata yang tepat untuk menggambarkan warna cinta seperti ini. Namun kelemahan dari orang yang memilih warna cinta ini biasanya over protective dan sangat pencemburu.

Cinta Dalam Warna Putih

Kesucian dan ketulusan adalah hal yang terdapat pada orang yang memilih lambang cinta berwarna putih ini. Orang-orang seperti ini biasanya memiliki sisi kelembutan dan keikhlasan yang tinggi. Cinta Suci adalah kata yang tepat untuk menggambarkan pesona warna cinta ini. Namun kelemahan bagi orang-orang ini dalam dunia cinta adalah kurang mampu memperjuangkan dan mempertahankan cinta dalam suatu prahara sehingga mudah putus asa serta terlalu cepat mengikhlaskan cintanya direbut oleh insan lain, karena prinsipnya “asalkan engkau bahagia, aku rela melepasmu!”

Cinta Dalam Warna Biru

Warna biru dalam dunia psikologi menyimbolkan ketenangan. Warna biru dalam teori fisika mempunyai spektrum panjang gelombang yang lebih rendah sehingga mampu memberikan kesan kesejukan mata, seperti langit biru dan lautan samudra. Bercermin pada hal tersebut, maka orang-orang yang menyukai simbol cinta berwarna biru biasanya mempunyai pemikiran yang luas dalam mengutamakan kebahagiaan bagi kekasih yang dicintainya. Cinta Setia adalah kata kunci untuk mewakili cinta yang berwarna biru ini. Namun sisi kelemahan bagi orang-orang dalam warna ini adalah memiliki rasa depresi dan ketakutan yang mendalam tatkala cintanya ditinggal pergi.

Cinta Dalam Warna Kuning

Warna kuning diidentikkan sebagai kedigjayaan, keemasan, dan kemasyuran, contohnya Matahari. Cinta dalam warna kuning memiliki arti sebagai kemurnian. Orang yang menyukai warna ini dalam simbol cintanya cenderung bersifat jujur dan dapat dipercaya. Namun sisi lemahnya adalah rasa idealis sehingga sering mengabaikan perasaan kekasihnya. Kata kunci untuk cinta dalam warna kuning adalah Cinta Murni. Hal ini juga tergambar dalam sebuah pepatah modern yang mengatakan : “Cinta itu Murni, Murni itu Emas, Emas itu Kuning, dan Kuning itu Tai, jadi kesimpulannya : Cinta itu Tai, dong???” (Sorry, it is just kidding..)

Demikian sobat, gambaran cinta menurut warna. Semoga menjadi bahan inspirasi. Sebagai tambahan, mungkin percakapan ini bisa menghibur anda.

A : “Kenapa kok cuma warna-warna itu saja yang disajikan? Warna yang lain mana?”
B : “Karena keempat warna tersebut (merah-kuning-biru-putih) adalah warna dasar alam semesta. Jika ada yang tak sependapat ataupun mau protes, silahkan tanyakan pada rumput yang bergoyang (Ebiet G Ade)”
A : “Lalu warna cintamu yang mana?”
B : “ Cintaku tak berwarna, bening… sebening air mataku yang jatuh tak mampu mendapatkan kamu!”

Sifat Cinta Menurut Unsur Alam

Berbicara tentang unsur alam, memang tidak terlepas dari kajian-kajian para ilmuwan kuno. Dalam masa pra sejarah, orang telah menyusun konsep tentang elemen-elemen dasar sebagai penyusun dari tubuh mahluk hidup dan juga alam semesta. Secara garis besarnya, unsur-unsur alam yang ditinjau dari elemen klasik terdiri dari empat unsur / elemen dasar, yaitu air, udara, api, dan tanah. Elemen dasar tersebut banyak juga dijumpai di kitab-kitab suci lintas agama.

Dalam kebudayaan China dikenal lima unsur penting yang dikenal dengan namamù, huǒ, tǔ, jīn, shǔi (kayu-api-tanah-logam-air), sementara masyarakat Bali mengenal unsur alam sebagai Panca Maha Butha. Dari masing-masing unsur alam tersebut mempunyai fungsi, peranan dan sifatnya masing-masing. Nah, bagaimana seandainya sifat keempat unsur tersebut kita persepsikan dalam khazanah cinta, mungkin berikut rangkumannya:

Cinta Dalam Elemen Air

Air merupakan salah satu elemen dasar penyusun alam semesta. Dalam tubuh manusia hampir tiga perempatnya terdiri dari cairan. Air merupakan elemen dasar bagi tumbuhnya suatu kehidupan, misalnya amoeba, bakteri colli, dan hewan bersel satu lainnya. Air dikatakan sebagai sumber kehidupan. Air mempunyai sifat yang unik. Misalnya permukaannya selalu datar pada daerah yang tenang, mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah, bisa mengalami kapilarisasi, perubahan bentuk/wujud, dan juga mempunyai sifat anomali (menyimpang). Sifat cinta yang unik juga dapat disamakan dengan sifat air. Cinta juga merupakan sumber energi kehidupan. Cinta datang dari tempat yang tinggi (mata) ke tempat yang lebih rendah (hati).

Cinta juga dapat mengalami kapilaritas (naik ke tempat yang lebih tinggi), misalnya saat cemburu atau hati terluka, cinta akan menyusup sampai ke ubun-ubun. Cinta yang berada dalam keharmonisan akan menciptakan ketenangan, seperti air di tempat yang datar. Cinta dapat berubah wujud dalam berbagai bentuk, sama halnya dengan air yang bisa menjadi es, uap, maupun embun. Cinta bisa berubah sebagai rasa benci, marah, sayang, dan lainnya tergantung kondisi lingkungan di sekitarnya. Cinta juga mempunyai sifat anomali (menyimpang), seperti air yang mengembang pada suhu 4 derajat celcius. Lalu apa anomli cinta? Contohnya seorang siswa yang naksir gurunya.

Cinta Dalam Unsur Elemen Tanah

Unsur kedua disebut unsur tanah atau bumi. Tanah berperan penting sebagai pijakan mahluk hidup. Tumbuhan dapat tumbuh dengan baik jika kondisi tanahnya cukup. Manusia dan hewan hampir semuanya menggantungkan hidupnya dari tanah. Tak salah rasanya jika tanah disebut sebagai ibu pertiwi yang penuh kasih sayang. Cinta juga sama seperti tanah. Cinta merupakan pijakan dari mahluk hidup dalam mengarungi kehidupan. Tanpa adanya cinta, mungkin tidak akan lahir generasi penerus. Cinta sama seperti ibu pertiwi yang mampu melahirkan kasih sayang.

Cinta Dalam Unsur Elemen Api

Unsur api berlambangkan segitiga. Unsur ini berperan penting dalam menciptakan kehangatan dan sebagai sumber panas untuk menggerakkan energi. Api menjadi hal penting dalam kehidupan mahluk hidup. Matahari adalah unsur api terbesar bagi alam semesta. Energi api dari matahari berperan dalam proses fotosintesis, sementara api adalah unsur utama dalam dapur manusia. Api dipakai manusia sebagai penerang kehidupan.

Namun jika tidak bijak menggunakan unsur api, bisa mendatangkan bahaya. Ternyata Cinta juga seperti api. Ia berperan dalam menggerakkan energi dan semangat di dalam tubuh. Cinta akan menjadi pemantik hati bagi orang-orang yang telah lelah. Cinta juga dapat dijadikan pelita dalam menjalani kehidupan. Namun, seperti api, jika Cinta digunakan secara berlebihan akan mendatangkan mala-petaka. Maka bijak-bijaklah membawa cinta!

Cinta Dalam Unsur Elemen Udara

Unsur yang terakhir adalah udara. Udara bagi manusia berperan penting dalam pernapasan. Udara dapat menyebar ke segala arah, ia akan menempati seluruh ruangan yang ada. Udara akan mengalir dari tekanan yang tinggi menuju ke tekanan yang lebih rendah. Jika cinta dianalogikan seperti udara, maka akan tampak persamaannya. Cinta bisa menyebar ke segala arah di seluruh tubuh. Kaki, tangan, telinga, hingga ujung rambut, dapat bergetar karena cinta. Sebuah cinta yang kamu punya dapat menyebar menghinggapi ke banyak orang. Cinta juga bisa mengalir dari tekanan yang lebih tinggi ke tekanan cinta yang lebih rendah, misalnya saja Cinta Ayah Bunda kepada putra-putrinya.

Sifat dan Karakter Cinta menurut Bangun Datar

Jika sobat diberikan pilihan empat buah bangun datar, seperti gambar di atas (persegi; lingkaran; segitiga; dan segilima), kira-kira “Manakah yang sobat suka? Terus alasannya apa???” Tentu masing-masing orang punya jawaban yang berbeda dengan alasan yang beragam. Ada yang senang segitiga karena suka yang lancip-lancip, ada yang pilih persegi karena suka karton Spongebob,  ada yang memilih segilima karena laksana lambang organisasinya, ada juga yang senang lingkaran karena hobinya menonton bola he..he.. Apapun pilihannya, adalah demokratis. Namun tahukah kamu, dari pilihan keempat bangun datar tersebut kita bisa mengetahui karakter seseorang dan bagaimana dimensi cintanya. Hal tersebut didasari oleh sebuah penelitian yang dilakukan entah oleh siapa (maaf saya lupa) sebagai bentuk personality test. Berikut akan dijelaskan secara singkat:

Cinta dalam Segitiga

Segitiga melambangkan api. Banyak bangunan yang berbentuk segitiga, satu diantaranya adalah Piramida Mesir. Orang yang memilih segitiga dikatakan sebagai orang yang memiliki cita-cita tinggi, bertanggung jawab penuh, melakukan pekerjaannya secara sistematis (bertahap), mulia, ambisius dan keteguhan, serta senang bekerja hingga pekerjaannya benar-benar tuntas dan sempurna. Dalam urusan cinta, segitiga menyimbolkan sebagai kehati-hatian (waspada). Orang yang memilih segitiga dalam masalah asmara biasanya selalu ingin kepastian dan ketegasan. Jadi jika anda punya pacar yang suka segitiga, kejujuran dan tidak pernah membuatnya bimbang adalah kunci terbaik. Tokoh yang suka segitiga misalnya Donald Trump dan Margaret Thatcher.

Cinta dalam Persegi

Segi empat merupakan simbol bumi (tanah). Karakter orang yang memilih bangun datar ini cenderung berwawasan luas, prasahaja, dan berkarakter pemimpin.  Dia juga adalah orang sederhana dan penuh tanggung jawab. Selain itu ekspansi (memperluas ) pergaulan adalah hal yang disenangi. Dalam urusan cinta, segiempat diartikan sebagai pengayoman. Orang yang memilih segiempat atau persegi umumnya senantiasa bersikap protektif dan cenderung memberi ketidakpastian. Bersikap lues merupakan hal yang perlu kamu lakukan untuk pacar bertipe ini. Tokoh yang suka persegi misalnya Bill Gates, orang yang punya Microsoft.

Cinta dalam Segilima

Segi lima atau bahasa kerennya pentagon / pentagram dapat diibaratkan sebagai angin. Kadang kencang, kadang lembut. Karakter orang yang memilih segilima merupakan orang yang kreatif, suka akan seni, dan juga teknologi. Orang yang memilih segilima cenderung orang yang penuh warna-warni kehidupan. Jika kamu pacaran dengan orang ini, akan juga merasakan hal yang sama. Namun, biasanya orang ini sering goyah dan tergoda. Jadi pandai-pandailah kamu untuk memberikan keyakinan dan memantapkan hatinya. Sepertinya, tokoh-tokoh yang suka dengan segilima adalah orang-orang parpol deh, he..he..!!

Cinta dalam Lingkaran

Nah yang terakhir ini adalah bangunan yang dalam bahasa Spanyol-nya disebutcirculo. Lingkaran merupakan simbol kedinamisan dan fleksibelitas (air). Orang yang memilih gambar lingkaran biasanya orang-orang yang berpikiran fleksibel, namun bisa fokus pada satu hal dan mampu menggunakan otaknya (akal) dengan baik dalam memecahkan suatu masalah. Yang lucu dari orang-orang yang suka lingkaran adalah ternyata mereka juga senang dengan hal-hal yang barbau zz3x’ (ha..ha..). Dalam urusan cinta. Lingkaran melambangkan kebulatan hati. Untuk bisa jalan dengan orang ini, kamu harus pandai beradaptasi. Jika kamu suka lingkaran, maka kamu satu jalur dengan Florence Nightingale, Albert Schweizer, dan Bunda Teresa.

Demikianlah sekilas deskripsi tentang cinta dan sifatnya. Ingat, artikel ini hanyalah sebuah tulisan entertainment (hiburan), bukan sesuatu yang bisa dianggap serius. * Terima kasih telah membaca artikel ini. Jika bermanfaat, jangan lupa share di media sosial, seperti Facebook dan Twitter.

Tinggalkan komentar