20 Stadion Terbesar di Dunia, GBK Indonesia Masuk Daftar

Negara manakah yang memiliki fasilitas stadion olahraga terbesar saat ini? Seperti apakah desain konstruksinya dan berapa kapasitas penonton yang bisa ditampung? Berbicara mengenai cabang olahraga beregu, tentu satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah gedung atau stadion tempat penyelenggaraan olahraga tersebut.

Cabang olahraga yang memerlukan lapangan luas dan diikuti oleh regu yang dengan jumlah tim lebih banyak, pasti memerlukan stadion yang besar. Apalagi olahraga tersebut sering dipadati oleh jumlah penonton yang membludak. Sepak bola dan cricket merupakan beberapa cabang olahraga permainan yang paling banyak memiliki stadion berkapasitas besar.

Nah, berikut ini kami sajikan daftar stadion terbesar di dunia yang mampu menampung jumlah penonton hingga seratusan ribu orang dalam satu kali sesi acara pertandingan. Deretan stadion terbesar di dunia ini sebagiannya diperuntukkan khusus untuk penyelenggaraan pertandingan sepak bola (soccer).

20. Stadion Jordan-Hare – kapasitas 87.451 penonton

Jordan-Hare Stadium, seperti yang tampak pada gambar di atas, adalah venue bermain untuk sekolah bola Auburn University yang terletak di kampus Auburn, Alabama – Amerika Serikat. Nama stadion ini diambil dari nama Ralph “Shug” Jordan dan Cliff Hare.

Ralph Jordan sendiri adalah seorang kepala pelatih yang paling banyak membawa kemenangan untuk sekolah bola ini, dan Cliff Hare adalah anggota pertama dari lahirnya tim sepakbola amerika di kampus ini. Stadion yang diarsiteki oleh Warren, Knight, dan Davis ini dibangun pada tahun 1939 dengan biaya konstruksi sekitar 1,45 juta dolar atau setara 24,9 juta dolar untuk nilai saat ini. Pada awalnya, kapasitas stadion ini adalah 15 ribu orang. Kemudian setelah mengalami sekitar 9 kali renovasi, daya tampungnya menjadi lebih dari 87 ribu bangku penonton.

19. Stadion Gelora Bung Karno – kapasitas 88.548 penonton

Mungkin kita patut berbangga, bahwa Indonesia memiliki stadion besar bertaraf internasional dengan kapasitas lebih dari 88 ribu penonton. Stadion yang berlokasi di pusat ibu kota Jakarta ini diberi nama Gelora Bung Karno (GBK) untuk mengenang semangat juang bapak proklamator Indonesia, Ir. Soekarno. Stadion bola yang juga populer dengan sebutan Stadion Utama Gelora Senayan ini dibangun pada tahun 1960 oleh arsitek bernama Frederich Silaban.

Awal pendirian stadion ini dilatarbelakangi oleh peran Indonesia saat menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games ke-4 yang berpusat di Jakarta. Stadion ini awalnya mempunyai kapasitas lebih dari 120 ribu penonton, kemudian dikurangi menjadi 88 ribu saat renovasi untuk penyelenggaraan piala AFC Asian Cup pada 2007 lalu.

Meskipun bukan merupakan yang terbesar di dunia, namun stadion Gelora Bung Karno ini pernah mencatatkan jumlah pengunjung terbanyak dalam sejarah sepak bola, yakni dipadati lebih dari 150 ribu penonton saat pertandingan Persib Bandung vs PSMS Medan pada 23 Februari 1985 silam.

18. Stadion Ben Hill Griffin – kapasitas 88.548 penonton

Stadion Ben Hill Griffin yang lebih dikenal dengan julukan nama “The Swamp” adalah stadion bola untuk Universitas Florida. Stadion yang berkapasitas 88.548 penonton ini juga merupakan lapangan olahraga untuk tim sepakbola Florida Gators. Stadion ini dibangun pada tahun 1930 dengan kapasitas 22.000 orang, dan selanjutnya terus direnovasi dan diperbesar dalam beberapa dekade. Pada awalnya, stadion ini bernama “Florida Field” atau lapangan Florida. Kemudian di tahn 1990, stadion ini diberi nama Ben Hill Griffin Stadium untuk menghormati Ben hill Griffin Jr, yang memberikan banyak jasa untuk kemajuan olahraga pada universitas ini.

Di tahun 2016, namanya berubah lagi menjadi “Steve Spurrier-Florida Field at Ben Hill Griffin Stadium” untuk menghormati jasa kepala pelatih Steve Spurrier. Pada tahun 2016, asosiasi atletik Universitas Florida mengumumkan rencana untuk membangun stadion mandiri khusus untuk fasilitas sepakbola. Adapun jumlah anggaran yang digelontorkan sebesar 60 juta dollar atau sekitar 780 miliar rupiah yang rencananya selesai di tahun 2019. Ben Hill Griffin Stadium adalah stadion bola terbesar di Florida, dan merupakan ke-12 terbesar untuk sekolah sepakbola Amerika.

17. Stadion Wembley – kapasitas 90.000 penonton

Stadion Wembley atau New Wembley merupakan salah satu stadion terbesar di dunia. Stadion yang berlokasi di Wembley Park – Inggris ini merupakan stadion khusus untuk cabang olahraga sepakbola. Stadion yang dibuka pada tahun 2007 ini merupakan pengganti dari stadion Twin Tower yang dihancurkan pada tahun 2002. Stadion Wembley memiliki kapasitas 90.000 bangku dan merupakan stadion terbesar kedua di Eropa. Stadion ini juga merupakan host laga final piala domestik Inggris, Piala FA.

Dengan rentang 317 meter, lengkungan baja Stadion Wembley merupakan lengkungan baja struktur atap dengan bentangan tunggal terpanjang di dunia. Selain sebagai sarana olahraga, stadion yang dibangun oleh perusahaan Australia Multiplex ini juga sering dimanfaatkan untuk konser para artis, seperti Green Day, Muse, Oasis, Take That, Metallica, U2, dan Madonna.

16. Stadion Cotton Bowl – kapasitas 92.100 penonton

Cotton Bowl Stadium adalah stadion outdoor di Dallas, Texas, Amerika Serikat yang dibuka secara resmi tahun 1930. Dibangun dengan biaya sebesar US $ 328.000, stadion ini menampung 45.507 penonton. Pada tahun 1936, nama stadion yang awalnya Fair Park Stadium secara resmi diubah menjadi Cotton Bowl. Pada tahun 1948, stadion itu diperluas di sisi barat, sehingga meningkatkan kapasitasnya menjadi 67.000. Lalu tahun berikutnya sisi timur diperluas yang membuat kapasitasnya bertambah menjadi 75.504 penonton.

Stadion Cotton Bowl menjadi tuan rumah enam pertandingan di Piala Dunia 1994. Untuk memenuhi persyaratan FIFA, lapangan stadion ini diperlebar, kotak pers diperbesar dan rumput alami dipasang kembali. Dari tahun 1937 sampai 2009, Cotton Bowl menjadi tuan rumah Cotton Bowl Classic, sebuah game mangkuk NCAA Division I tahunan.

15. Stadion Rose Bowl – kapasitas 92.542 penonton

Stadion Rose Bowl adalah sebuah stadion atletik outdoor yang terletak di Pasadena, Clifornia, tak jauh dari Los Angeles. Berdiri sejak tahun 1922, stadion olahraga yang dibangun di kawasan Gunung San Gabriel ini didedikasikan sebagai stadion landmark sejarah nasional Amerika Serikat. Stadion Rose Bowl merupakan stadion olahraga terbesar ke-11 di Amerika Serikat atau yang ke-17 secara internasional. Ros Bowl Stadium lebih dikenal sebagai venue untuk American football, dan pusatnya acara tahunan Rose Bowl Game.

Stadion ini pernah menjadi lokasi untuk kegiatan pertandingan piala CONCACAF 1984, FIFA World Cup 1994, dan FIFA Women’s Worl Cup 1999. Stadion yang dirancang oleh Myron Hunt ini memiliki nama lain “Tournament of Roses Stadium” atau “Tournament of Roses Bowl” untuk kegiatan Rose Bowl game atau yang kini bernama Yale Game. Stadion yang bernilai 3,89 jutaa dollar ini mampu menampung lebih dari 92 ribu orang.

14. Sanford Stadium – kapasitas 92.746 penonton

Stadion Sanford adalah arena stadion sepakbola yang dimiliki oleh Universitas Georgia di Athens, Georgia – Amerika Serikat. Stadion yang berkapsitas 92.746 orang ini merupakan yang ke-10 stadion terbesar NCAA (National Collegiate Athletic Association). Stadion ini secara resmi dibuka pada tahun 1929 dan saat itu menghabiskan anggaran sebesar $ 360.000 atau senilai 5 juta dollar saat ini. Setelah melalui beberapa kali renovasi dan perluasan, Stadion Sanford ini memiliki daya tampung hampir 93 ribu orang. Perluasan terakhir dilakukan pada tahun 2004 lalu oleh SkySuites dengan menambah tribun penonton di sebelah utara stadion yang menghabiskan dana 8 juta dolar.

13. Los Angeles Memorial Coliseum – kapasitas 93.607 penonton

Stadion Los Angeles Memorial Coliseum adalah stadion olahraga warga Amerika yang berlokasi di Exposition Park. Stadion ini didedikasikan sebagai ‘home’ untuk tim sepak bola Trojans dari Universitas Southern California. Stadion yang diarsiteki oleh John dan Donald Parkinson ini secara resmi dibuka pada 1 Mei 1923 dengan anggaran $ 954.872 atau setara 13,4 juta dolar untuk nilai saat ini. Stadion ini memiliki luas 7,3 hektar, dan telah menyelenggarakan berbagi event olahraga penting, misal Munich Olympics Games, Special Olympics World Games, dan juga Los Angeles Rams.

Di tahun 1964, stadion ini direnovasi secara besar-besaran. Kemudian, renovasi terakhir dilakukan mulai tahun 2015 dengan estimasi biaya 270 juta dolar dan dijadwalkan selesai pada 2019 mendatang.

12. Soccer City – kapasitas 94.736 penonton

First National Bank Stadium atau FNB Stadium, yang lebih populer disebut stadion Soccer City adalah sebuah stadion olahraga yang terletak di Nasrec – Afrika Selatan. Didesain untuk kegiatan penyelenggaraan ajang sepak bola internasional, FNB Stadium ini menjadi stadion yang terbesar di benua Afrika dengan daya tampung mencapai 94 ribuan penonton. Stadion yang juga bernama The Calabash (pot khas Afrika) ini secara resmi dibuka pada tahun 1989 dengan biaya konstruksi mencapai 440 juta dolar.

Sebelum diupgrade pada 2010 untuk ajang piala dunia, stadion ini memiliki kapasitas 88 ribu bangku penonton. Selanjutnya diperbesar dengan rancangan mirip Calabash atau priuk khas Afrika oleh arsitek Boogertman & Partners, dan HOK Sport.

11. Camp Nou – kapasitas 99.354 penonton

Bagi para penggemar Barcelona, tentu nama stadion bola ini sudah tidak asing lagi. Camp Nou atau dalam bahasa Inggris berarti “new field” adalah stadion kebanggaan klub bola terkaya di dunia, FC Barcelona. Dengan kapasitas sebanyak 99 ribuan penonton, stadion yang dibangun tahun 1954 ini merupakan stadion sepakbola terbesar di Spanyol, bahkan di daratan Eropa. Ini juga merupakan stadion olahraga sepak bola terbesar ke dua di dunia untuk kemampuan daya tampungnya.

Dalam tahap awal konstruksi, stadion ini dirancang oleh arsitek Francesc Mitjans dan Josep Soteras, berkolaborasi dengan Lorenzo Garcia-Barbon. Selain sebagai pusat penyelenggaraan pertandingan sepak bola internasional, stadion yang sudah direnovasi beberapa kali ini juga sering dimanfaatkan untuk kegiatan non keolahragaan, seperti konser musik dan pertunjukan seni lainnya.

10. Melbourne Cricket Ground – kapasitas 100.024 penonton

Stadion Melbourne Cricket Ground (MCG) yang juga populer dengan julukan stadion “The G”, adalah stadion olahraga masyarakat Australia yang berlokasi di Yarra Park, Melbourne. Stadion yang dibangun tahun 1853 ini merupakan rumah bagi tim kriket Melbourne Cricket Club. Stadion yang memiliki tower tertinggi ini menjadi stadion olahraga terbesar di Australia. Di stadion ini telah banyak diselenggarakan event-event olahraga internasional, sebut saja Olimpiade Musim Semi 1956, Olimpiade Negara Persemakmuran 2006, dan Cricket World Cups 1992 dan 2015.

Selain ditujukan untuk olahraga cricket, MCG Stadium juga dimanfaatkan untuk olahraga lain, termasuk soccer, tennis, rugby, dan lintasan balap sepeda.

9. Darrell K Royal–Texas Memorial Stadium – kapasitas 100.119 penonton

Stadion ini juga lebih dikenal dengan nama War Memorial Stadium merupakan stadion olahraga American Football yang dibangun pada tahun 1924. Stadion yang terletak di Austin, Texas (Amerika Serikat) ini merupakan rumah bagi tim sepakbola Longhorns – Universitas Texas sejak 1924. Stadion ini menjadi terbesar ke-8 di Amerika Serikat dengan kapasitas mencapai 100.119 orang, bahkan tercatat pada 4 September 2016 lalu dipadati sebanyak 102.315 penonton yang menyaksikan tim bukan unggulan, Universitas Notre Dame memenangkan pertandingan dengan skor 50-47. Stadion ini telah diperluas beberapa kali, dan renovasi yang terakhir pada 2013 dengan biaya sebesar 62 juta dolar.

8. Bryant-Denny Stadium – kapasitas 101.821 penonton

Bryant-Denny Stadium adalah sebuah stadion outdoor yang terletak di Amerika Serikat bagian tenggara yng dimiliki oleh Universitas Alabama di Tuscaloosa. Dibangun 88 tahun lalu, tepatnya pada 1929, nama aslinya adalah Denny Stadium, untuk menghargai jasa George H. Denny, yang merupakan ketua kampus tersebut. Kemudian di tahun 1975, nama resminya ditambah menjadi Stadion Bryant-Denny untuk menghormati jasa kepala pelatih Paul Bryant yang memimpin selama 7 musim.

Dengan daya tampung di atas 100ribu penonton tersebut, stadion yang dibangun dengan biaya $196.000 ini atau setara $2,73 juta saat ini merupakan stadion olahraga terbesar ke-7 di negeri Paman Sam tersebut. Renovasi dan perluasan terakhir dilakukan tahun 2010 lalu dengan anggaran sebesar 80,6 juta dollar.

7. Tiger Stadium – kapasitas 102.321 penonton

Tiger Stadium atau dikenal juga dengan nama Death Valley, adalah stadion luar yang terletak di Baton Rouge, Louisiana di kampus Louisiana State University. Stadion ini merupakan rumah dari tim sepak bola Amerika, LSU Tiger. Stadiun ini resmi dibuka pada tahun 1924 dengan kapasitas 12.000 penonton. Setelah mengalami beberapa keli renovasi dan perluasan, stadion yang dirancang oleh arsitek oleh Wogan dan Bernard ini mampu menampung lebih dari 102 ribu penonton.

Stadion Tiger dikenal secara nasional karena memiliki di antara yang terbaik dalam segi atmosfer pertandingan American football untuk level universitas serta menjadi salah satu tempat yang paling sulit bagi tim lawan untuk bermain.

6. Neyland Stadium – kapasitas 102.455 penonton

Stadion Neyland adalah sebuah stadion olahraga di Knoxville, Tennessee , Amerika Serikat. Stadion ini merupakan rumah bagi tim sepak bola Tennessee Volunteers, dan juga sering digunakan sebagai tempat konvensi besar serta pusat beberapa pertandingan turnamen National Football League (NFL). Kapasitas resmi stadion ini adalah 102.455. Sejak dibangun pada tahun 1921, stadion yang awalnya dijuluki Shields-Watkins Field telah mengalami 16 proyek ekspansi, dimana kapasitasnya pernah 104.079 orang sebelum sedikit berkurang oleh perubahan dan renovasi.

Stadion Neyland adalah terbesar kelima di Amerika Serikat. Stadion ini dinamai Neyland untuk menghormati jasa Robert Neyland, yang menjabat tiga kali sebagai kepala pelatih sepak bola di University of Tennessee antara 1926 dan 1952.

5. Stadion Kyle Field – kapasitas 102.733 penonton

Kyle Field adalah stadion sepakbola yang terletak di kampus Texas A & M University di College Station, Texas. Stadion ini telah menjadi rumah bagi tim sepak bola Texas A & M Aggie sejak dibentuk dasar tahun 1904, dan sebagai stadion terlengkap sejak tahun 1927. Oleh karena itu, stadion ini juga dikenal sebagai “Home of the 12th Man”. Kapasitas tempat duduk sebanyak 102.733 sejak tahun 2015, membuat Kyle Field menjadi stadion terbesar keempat di Amerika Serikat, dan terbesar kelima non-balap stadion di dunia.

Jumlah penonton terbanyak yang pernah memadati stadion ini berjumlah 110.631 orang ketika Texas A & M kalah Ole Miss Rebels dengan skor 20-35 pada 11 Oktober 2014 di kompetisi American Football. Rancangan asli stadion ini digawangi oleh arsitek FE Geisecke.

4. Ohio Stadium – kapasitas 104.944 penonton

Masih berada di kawasan Amerika Serikat, salah satu stadion terbesar di dunia dengan kapasitas 104.944 penonton adalah Ohio Stadium. Stadion yang juga dijuluki “sepatu kuda” ini terletak di Columbus, dan dimiliki oleh Ohio State University. Stadion besar ini adalah rumah dari tim sepak bola (American Football) Ohio State Buckeyes dan juga Ohio State University Marching Band. Stadion yang dibangun sejak tahun 1921 ini menghabiskan biaya 1,34 juta dolar atau setara 19,2 juta dolar untuk nilai saat ini.

Selain sebagai sarana olahraga, stadion yang dirancang oleh Howard Dwight Smith ini juga menjadi tempat untuk kegiatan lain seperti konser musik. Band U2, The Rolling Stones, Pink Floyd, dan Metalica adalah beberapa nama yang pernah menggelar aksi panggung di stadion ini.

3. Beaver Stadium – kapasitas 106.572 penonton

Stadion Beaver adalah sebuah stadion outdoor untuk sekolah sepakbola di University Park, Pennsylvania, Amerika Serikat. Stadion yang dibangun tahun 1959 ini diberi nama Beaver adalah untuk menghormati James A. Beaver, mantan gubernur Pennsylvania (1887-1891), sekaligus juga kepala pengawas di universitas ini. Dengan kapasitas bangku penonton mencapai 106.572 unit, stadion yang dirancang oleh arsitek Michael Baker ini menjadi stadion terbesar ke-3 di dunia. Beaver Stadium dikenal sebagai salah satu tempat yang sulit bagi tim lawan yang bertandang ke markas ini.

Menurut hasil survey yang dipublikasikan di USA Today, stadion ini terpilih sebagai American football stadium terbaik untuk kancah perguruan tinggi di Amerika Serikat. Ekspansi dan renovasi terbesar dilakukan pada tahun 2001 yang menghabiskan dana sebesar 93 juta dolar.

2. Michigan Stadium – kapasitas 107.601 penonton

Stadion olahraga terbesar ke dua dalam hal kapasitas adalah Michigan Stadium yang terletak di Ann Arbor, Amerika Serikat. Stadion yang populer dengan sebutan “The Big House” ini adalah stadion bola yang dimiliki Universitas Michigan. Kapasitas resminya adalah 107.601 penonton, namun saat membludak bisa menampung sekitar 115 ribu orang. Stadion Michigan dibangun pada tahun 1927, dan renovasi terakhir dilakukan pada 2010 dengan anggaran sebesar 226 juta dolar.

Stadion yang dirancang oleh Brnard L. Green ini memang didesain dengan pondasi untuk memungkinkan kapasitasnya bisa diperluas melampaui 100 ribu penonton. Saat ini, stadion ini merupakan rumah bagi Michigan Wolverines women’s lacrosse (NCAA).

1. Stadion Rungrado May Day – kapasitas 114.000 penonton

Ternyata Korea Utara tidak hanya memiliki banyak pasukan tentara, namun juga memiliki stadion terbesar di dunia sekaligus menjadi stadion sepak bola terbesar di dunia. Selain sebagai tempat acara olahraga, juga merupakan rumah bagi Festival Arirang seperti senam dan juga festival seni. Stadion Rungrado resmi dibuka pada tanggal 1 Mei 1989. Stadion yang terletak di kota Pyongyang ini berada di atas area seluas 20,7 hektar sehingga mampu menampung sekitar 114 ribu pengunjung.

Desainnya cukup unik, terutama pada bagian atap yang terdiri dari 16 lengkungan kubah yang menyerupai bunga Magnolia yang sedang mekar. Dibalik kemegahan stadion terbesar di dunia ini, Rungrado Stadium juga menyimpan sejarah, dimana sebagai tempat pembakaran para jenderal yang berkhianat pada Kim Jong-il pada tahun 1990an.

Nah, demikianlah daftar stadion terbesar di dunia menurut daya tampungnya. Selain sebagai sarana olahraga, seperti sepak bola (soccer) dan American football, stadion-stadion di atas juga sering dimanfaatkan untuk acara lain, misalnya pentas seni hingga acara yang bernuansa organisasi/politik.

Dalam daftar stadion terbesar yang telah disebutkan di atas, rupanya bukan saja ditujukan untuk olahraga sepak bola saja, tetapi sebagian dikhususkan untuk olahraga American Football dan juga cricket. Seperti yang kita ketahui, olahraga sepakbola Amerika berbeda dengan sepakbola yang kita kenal di Indonesia. American football menggunakan tangan dengan bola berbentuk oval, sementara sepakbola biasa atau association football menggunakan kaki dengan bentuk bola bulat utuh.

Tinggalkan komentar