12 Bahan Minuman Detox Terbaik, Resep Bisa Dibuat Sendiri

minuman detox

Apa itu minuman detox? Apa saja manfaatnya untuk kesehatan kita? Bagaimana cara dan resep membuat minuman detox yang enak dan sehat? Apakah akhir-akhir ini Anda sering merasa lemah dan lesu dalam menjalani hari-hari Anda? Jika ya, mungkin Anda telah berpikir atau berencana untuk mengambil suplemen atau minuman berenergi tertentu untuk membangitkan kembali vitalitas anda. Namun, sebelum mengkonsumsi produk-produk tersebut, mengapa Anda tidak mempertimbangkan untuk menyingkirkan beberapa racun berlebih dari tubuh Anda.

Dalam artikel ini, kami menyajikan panduan kepada Anda tentang semua manfaat dari minuman detoks yang dapat membantu Anda meningkatkan kembali energi Anda, memperlancar sistem pencernaan, dan membersihkan organ hati Anda. Dilengkapi juga dengan informasi tentang resep lezat untuk menyajikan minuman detoks yang dapat Anda buat sendiri di rumah.

Detoksifikasi tubuh sangat bermanfaat dalam mensupport fungsionalitas organ hati, pencernaan, dan sistem tubuh lainnya dari potensi peradangan dan gangguan kesehatan lain yang tak terkontrol. Penggunaan terapi detoksifikasi sudah sangat umum di kalangan dokter naturopati berlisensi di Amerika Serikat. Terapi detoks secara umum digunakan sebagai obat atau media pencegahan, serta untuk mengobati paparan racun, penyakit autoimun, dan masalah gastrointestinal.

Ada banyak cara yang bisa kita tempuh dalam mendetoksifikasi tubuh. Minuman detoksifikasi yang terbuat dari bahan alami adalah cara yang bagus untuk mendukung kesehatan diri. Anda dapat membuat banyak minuman sederhana di rumah dengan detoksifikasi sayuran, buah-buahan, dan rempah-rempah alami lainnya.

Bahan-bahan tersebut mampu merangsang proses detoksifikasi dan memberikan hati kita, ginjal, dan organ lain dengan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan agar bisa beroperasional dengan baik dalam menghilangkan limbah yang beracun dari tubuh. Dengan minuman detoks, akan membuat tubuh kita merasa lebih bersemangat dan jernih.

Apa yang Dapat Dilakukan Detox untuk Tubuh Kita?

Pada fisiologi, detoksifikasi (bahasa Inggris: detoxification, detox) adalah lintasan metabolisme yang mengurangi kadar racun di dalam tubuh, dengan penyerapan, distribusi, biotransformasi dan ekskresi molekul toksin. Banyak orang berpikir bahwa hanya berpuasa atau menggunakan obat-obatan atau formula khusus saja yang dapat membuang racun dari tubuh kita.

Ternyata, detoksifikasi atau proses penjernihan racun dari tubuh jauh lebih sederhana daripada yang Anda bayangkan. Anda dapat membuat minuman detoks yang lezat dan sehat dengan bahan-bahan sederhana, yang mungkin beberapa di antaranya ada di dapur Anda saat ini. Jadi, tidak perlu membeli sesuatu yang mewah untuk menikmati manfaat dari minuman detoks di rumah.

Tubuh kita terpapar sepanjang hari dengan pestisida, logam berat, pengawet, polutan, dan bahan kimia beracun. Racun-racun ini memasuki tubuh kita ketika kita bernapas, makan, dan menyentuh benda-benda di lingkungan kita. Begitu racun-racun tersebut masuk di dalam tubuh kita, mereka dapat tetap berada di jaringan dan sel tubuh kita, kadang-kadang untuk waktu yang lama.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Cochen M yang berjudul “Detox: Science or Sales Pitch?” dijelaskan bahwa racun dapat memiliki dampak kesehatan yang signifikan, termasuk menyebabkan kanker, masalah kesehatan mental, dan gangguan pencernaan, reproduksi, atau metabolisme.

Ketika Anda rajin mengkonsumsi minuman detoks secara teratur, Anda dapat membersihkan tubuh dari racun yang terakumulasi sebelum menyebabkan masalah yang signifikan. Jika tubuh kita kelebihan beban dengan racun, makan kondisi yang mungkin terjadi adalah gejala-gejala berikut ini:

  • sakit kepala
  • kelebihan gas
  • sakit nyeri
  • kembung
  • sembelit
  • kelelahan
  • masalah kulit
  • bau mulut
  • mual
  • perubahan suasana hati

Jika Anda mengalami satu atau lebih dari gejala-gejala tersebut, Anda mungkin perlu mendetoksifikasi tubuh Anda agar bisa mengembalikannya ke kondisi yang lebih sehat.

Aneka Manfaat Minuman Detox

Minuman detoksifikasi memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh dan pikiran kita. Setidaknya ada lima manfaat utama mengonsumsi minuman detoks yang bisa kita dapatkan, yakni:

a. Membersihkan organ hati

Tubuh kita senantiasa berisiko terkena racun sepanjang waktu, seperti pestisida, bahan kimia, logam berat. Polutan ini akan tersimpan di dalam sel dan jaringan tubuh. Seiring waktu, kumpulan racun tersebut akan mempengaruhi metabolisme, suasana hati, dan sistem kekebalan tubuh kita.

Organ hati kita memiliki banyak fungsi, termasuk membuang bahan limbah dan racun dari aliran darah. Ketika organ hati bekerja dengan efektif, limbah akan dibuang dari tubuh melalui urin dan kotoran. Ketika fungsi hati tidak dapat menghilangkan racun dari tubuh dengan benar, maka polutan akan tersimpan dalam jaringan lemak di dalam hati, yang akan tetap berada sampai organ hati memperbaiki fungsinya dan membuangnya dengan benar.

Ketika Anda mengkonsumsi minuman detoks secara teratur, Anda dapat meningkatkan kapasitas hati Anda dalam membuang racun dari tubuh Anda. Salah satu hasil penelitian yang menunjukkan manfaat minuman detox bagi organ hati adalah “The effects of a short program of detoxification in disease-free individuals” yang dilakukan oleh Macintosh A dan Ball K.

b. Membantu menurunkan berat badan

Jika energi Anda tersendat-sendat atau metabolisme Anda melambat, ini dapat menghambat upaya Anda dalam menurunkan berat badan. Minuman detoks dapat memberi Anda energi dan meningkatkan fungsi metabolisme. Beberapa bahan yang diolah sebagai minuman detoks ternyata mengandung enzim yang membantu sel-sel tubuh menggunakan gula lebih efisien, sehingga pengaruhnya dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Dalam proses detoksifikasi, Anda sebenarnya membantu semua sistem tubuh menggunakan nutrisi dengan benar. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Erica Callahan, diketahui bahwa para peserta penelitian (sukarelawan) yang diberi diet detoks selama 21 hari, merasa kehilangan berat badan dan mengalami banyak efek samping positif.

c. Mengurangi peradangan

Ketika Anda mengonsumsi minuman detoks sebagai pengganti makanan berat, itu berarti Anda membiarkan sistem pencernaan dan organ hati Anda berkesempatan untuk beristirahat dan membersihkan semua sistem dalam tubuh Anda dari efek racun.

Seperti yang kita ketahui, peradangan menyebabkan banyak masalah dalam tubuh dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Dengan memperlancar pencernaan dan mengoptimalkan hati melalui detoksifikasi, ini akan memungkinkan sistem tubuh melakukan tugasnya dengan benar dan sesuai dengan jalurnya.

d. Memberi manfaat untuk vitalitas kulit

Kulit merupakan jaringan pertama yang paling rentan terpapar racun atau polutan, yang selanjutnya bisa menjadi pintu masuk ke bagian yang lebih dalam dari tubuh kita. Beragam bahan kimia dan polutan dapat menyumbat pori-pori kulit kita, sehingga mempercepat risiko ke tanda-tanda penuaan, termasuk kulit kering dan kerutan. Menghilangkan racun dengan menggunakan minuman detoks dapat meningkatkan keseluruhan tampilan kulit kita. Maka disarankan untuk banyak minuman detoks yang kaya antioksidan dan nutrisi lain yang dibutuhkan kulit agar lebih sehat dan bersinar.

Nutrisi penting dalam minuman detox membantu sistem kekebalan tubuh kita bekerja dengan benar, menyembuhkan tanda – tanda penuaan, serta kerusakan pada kulit dari radiasi lingkungan sekitar.

e. Meningkatkan kekuatan dan energi otak

Membersihkan organ hati dan sistem metabolisme lainnya akan mengurangi beban dan risiko peradangan. Racun di tubuh dapat membuat diri kita merasa terbebani dan lamban. Ini rupanya berkontribusi terhadap kelelahan dan kabut mental. Ketika tubuh berhasil membuang racun, kita akan merasa lebih segar, hidup bergairah dan berpikir lebih bersemangat.

Bahan minuman detoks dikenal mampu meningkatkan kewaspadaan mental. Selain itu hidrasi penting yang ditawarkan minuman ini sangat vital untuk menjadikan fungsi tubuh dan otak yang sehat.

Bahan Detox Paling Bermanfaat dan Terbaik

Setiap sayuran, buah, dan rempah-rempah memiliki manfaat khusus untuk tubuh kita. Dengan mengetahui kombinasi bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan dan detoksifikasi hati Anda dapat memberi Anda kekuatan untuk menyembuhkannya. Dan inilah aneka bahan-bahan favorit untuk dijadikan minuman detoks yang menyehatkan.

1. Buah semangka

Selain menjadi sumber hidrasi yang sangat baik untuk tubuh, buah semangka hadir dengan nutrisi penting yang dapat mendetoksifikasi tubuh kita dan meningkatkan kesehatan yang lebih baik dalam berbagai cara. Sebagai bahan detoksifikasi, semangka mengandung magnesium dan potasium, yang membantu mengatur aliran darah dan hidrasi yang penting untuk detoksifikasi.

Semangka termasuk buah yang tinggi dalam kandungan Vitamin A dan B, yang berperan melawan peradangan dan kerusakan akibat radikal bebas. Semangka juga kaya likopen, antioksidan kuat yang memberikan warna merah atau merah jambu. Likopen diketahui dapat membantu mencegah banyak penyakit kronis, termasuk menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit kardiovaskular.

2. Timun

Ketimun mengandung banyak nutrisi penting yang menjadikannya sebagai sumber antioksidan, polifenol, dan diuretik alami yang sangat hebat. Seperti yang diungkapkan dalam jurnal ilmiah “Potential Health Benefits of Olive Oil and Plant Polyphenols”, buah mentimun membantu tubuh dalam melawan peradangan akibat efek dari kerusakan radikal bebas, memperlambat proses penuaan, dan membantu membersihkan organ hati Anda.

Sebagai diuretik, mentimun dapat merangsang tubuh untuk buang air kecil, sehingga memungkinkan tubuh kita mengeluarkan racun dan limbah lainnya.

3. Grapefruit

Ada beberapa alasan mengapa grapefruit (buah yang mirip jeruk bali) telah dikategorikan sebagai buah yang efektif dalam strategi penurunan berat badan selama beberapa dekade. Grapefruits mengandung enzim yang dikenal sebagai AMP-activated protein kinase (AMPK). Enzim ini digunakan oleh tubuh kita untuk memetabolisme gula dengan lebih efisien. AMPK meningkatkan upaya penurunan berat badan dengan meningkatkan metabolisme tubuh. Grapefruit juga kaya vitamin C yang mampu meningkatkan kekebalan. Selain itu, buah jeruk yang besar ini merupakan sumber hidrasi yang sangat baik untuk tubuh dan otak Anda.

4. Lemon

Manfaat Lemon untuk kesehatan telah dikenal selama berabad-abad. Sebagai sumber asam askorbat, lemon membantu detoksifikasi, pencernaan, kesehatan kulit, dan kekebalan tubuh. Nutrisi Lemon dapat membantu kita lebih cepat sembuh dan melawan tanda-tanda penuaan. Pektin dalam buah lemon menyediakan serat, yang membuat kita merasa kenyang lebih lama, sehingga minuman detoks lemon juga efektif dalam proses penurunan berat badan.

5. Jeruk nipis

Limes atau jeruk nipis memberikan banyak manfaat bagi organ hati, sistem pencernaan, dan sistem kekebalan tubuh. Jus jeruk nipis merangsang enzim hati glutathione-S-transferase (GST), yang penting dalam proses detoksifikasi. Jeruk nipis juga kaya flavonoid yang meningkatkan cairan empedu dan asam dalam sistem pencernaan, sehingga dapat membantu memecah racun dan limbah. Nutrisi lainnya adalah kandungan Vitamin C dan antioksidan lain, yang dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat dan fit.

6. Stroberi

Stroberi adalah sumber antioksidan anti-peradangan dan flavonoid yang sangat bagus. Mengkonsumsi buah stroberi dapat membantu memperlambat proses penuaan dan mengurangi risiko penyakit kronis. Dengan kandungan yang kaya Vitamin A dan C, buah stroberi menjadi tambahan yang bagus untuk minuman detoks. Di sisi lain, ini adalah sumber hidrasi yang sangat baik, yang membantu kulit tetap sehat dan elastis. Antioksidan stroberi menyokong detoksifikasi dan membuat risiko peradangan menjadi lebih rendah dan proses pencernaan yang lebih baik.

7. Daun mint

Daun mint memiliki konsentrasi antioksidan lebih tinggi daripada hampir semua makanan lainnya. Menurut jurnal ilmiah yang ditulis Spirling LI dan Daniels IR, berjudul “Botanical perspectives on health peppermint: more than just an after-dinner mint”, daun mint ternyata membantu meningkatkan pencernaan dengan meningkatkan produksi empedu, sehingga membantu dalam detoksifikasi. Sifat antimikroba Mint dapat membantu membunuh kuman sekaligus menyegarkan nafas. Mint menenangkan perut yang sakit, dan baunya juga enak.

8. Rosemary

Rosemary memberikan banyak manfaat yang sama seperti daun mint karena merupakan bagian dari keluarga tanaman yang sama. Seperti daun mint, nutrisi rosemary mampu meningkatkan produksi empedu, sehingga membantu dalam detoksifikasi dan metabolisme lemak.

Rosemary mempromosikan keseimbangan mikroflora yang tepat dalam usus kita, yang memastikan sistem pencernaan bekerja dengan benar untuk menghilangkan limbah dan racun. Rosemary bahkan dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi, membuatnya menjadi kombinasi yang hebat dengan bahan detoks lainnya.

9. Jahe

Jahe telah digunakan selama berabad-abad untuk tujuan pengobatan. Jahe adalah tanaman antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Jahe membantu pencernaan dengan berbagai cara, yang dapat membantu menghilangkan racun secara lebih efisien.

Jahe adalah pengobatan alami untuk gejala mual, sembelit, kembung, dan masalah pencernaan lainnya. Menambahkan potongan jahe segar atau bubuk jahe ke dalam minuman detoks akan meningkatkan sistem pencernaan kita, dan membantu tubuh bekerja dalam mendetoksifikasi sistem tubuh secara keseluruhan.

10. Raspberi

Raspberry tidak hanya lezat, tetapi juga mengandung keton, yang dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Percobaan pada hewan, seperti yang dipublikasikan di laman sciencedirect.com, menunjukkan bahwa keton membantu mengurangi berat badan dan akumulasi jaringan adiposa viseral, yaitu lemak perut.

Karena raspberry juga tinggi Vitamin B dan C, maka ini adalah sumber tambahan yang bagus untuk minuman detoks, karena mempromosikan kulit yang sehat dan mengandung antioksidan yang bermanfaat.

11. Cuka sari apel

Cuka sari apel dapat meningkatkan metabolisme untuk membantu menurunkan berat badan dan membantu detoksifikasi. Cuka sari apel mengandung asam asetat tinggi, yang secara alami memunculkan fungsi-fungsi metabolik.

Sifat probiotiknya membantu sistem pencernaan kita mempertahankan kadar mikroflora yang tepat, dan juga meningkatkan keseimbangan pH yang memadai untuk mengendalikan ragi dan organisme lain yang menyebabkan masalah.

12. Lidah buaya

Daun tanaman lidah buaya mengandung gel yang bermanfaat untuk detoksifikasi. Seperti cuka sari apel, ini meningkatkan kadar mikroflora usus yang tepat, yang membantu tubuh mencerna dengan benar dan menghilangkan limbah dan racun. Aloe vera dapat meningkatkan kekebalan dan juga mengurangi peradangan. Bukti ini telah terangkum dalam buku yang berjudul Evaluation of the Nutritional and Metabolic Effects of Aloe vera.

Selain aneka sayur dan buah di atas, ada beberapa sumber bahan lain yang bagus untuk detox, seperti dandelion, kayu manis, cabe rawit, dan teh hijau. Ini adalah aditif yang sangat baik untuk minuman detoks. Nah, berikut ini kami sajikan sederet resep untuk membuat minuman detox yang lezat.

Resep Minuman Detox Alami Terbaik

Meskipun ada banyak produk minuman detoks yang sudah tersedia di pasaran saat ini, membuat minuman detox sendiri adalah yang terbaik, karena itu artinya Anda memiliki kendali penuh atas bahan-bahan yang digunakan. Anda dapat memilih buah dan sayuran terbaik untuk dimasukkan, dan dapat menyesuaikan minuman detoks dengan selera dan kebutuhan Anda.

a. Detox Waters

Air detoks adalah minuman yang enak untuk diminum sepanjang hari. Saran-saran berikut ini harus digunakan dengan 12 ons airbatau sekitar 0,34 liter air, tetapi Anda dapat mengubah proporsi agar sesuai dengan selera Anda.

Masukkan air dan bahan-bahan ke dalam wadah minuman (misal teko), dan biarkan diam selama setidaknya lima jam. Anda bisa meminumnya dengan es jika Anda suka. Anda dapat membuat kombinasi yang juga cocok untuk Anda. Ke dalam wadah minuman, silakan tambahkan pilihan berikut ini:

  • Beberapa daun mint, satu jeruk nipis dipotong menjadi irisan, dan dua cangkir semangka potong dadu.
  • Jus satu buah lemon dan tiga sendok makan gel lidah buaya.
  • Satu mentimun diiris dan jus dari satu buah lemon.
  • Satu cangkir irisan stroberi, dua tangkai rosemary, dan dua cangkir semangka yang dipotong dadu.
  • Jus dari setengah buah lemon dan satu sendok makan jahe parut segar.
  • Jus dari satu buah lemon, dua sendok makan sirup maple, dan seperdelapan sendok teh cabe rawit.

b. Detox Tea

Teh ini dibuat dengan cara diseduh menggunakan bahan-bahan segar atau kering yang direndam dalam air mendidih. Anda bisa meminumnya panas atau dingin. Inilah beberapa resep teh detox yang lezat:

  • Daun teh hijau banyak tersedia. Rendam selama tiga hingga lima menit, lalu tiriskan sebelum dikonsumsi.
  • Rendam bunga atau akar dandelion selama 30 menit dalam air mendidih. Saring cairannya sebelum diminum.
  • Seduhlah teh hijau, lalu tambahkan beberapa daun basil segar saat sedang diseduh. Minum ini saat panas atau dengan es untuk teh detoksifikasi yang menyegarkan.
  • Teh jahe juga tersedia secara luas, atau Anda dapat merendam irisan jahe segar dalam air mendidih selama sepuluh menit. Jus lemon dan madu mentah adalah aditif yang sangat baik yang melengkapi rasa dan detoks teh jahe dengan baik.

c. Detox Smoothies

Smoothie adalah campuran buah, sayuran, herbal, dan cairan yang lezat. Gunakan blender bertenaga tinggi untuk mendapatkan hasil terbaik. Kombinasi bahan yang tercantum di bawah ini akan membantu Anda mendetoksifikasi tubuh, dan juga rasanya enak dan akan mengisi Anda dengan banyak serat dan nutrisi.

Superfood Smoothie
Rendam dua sendok makan Goji berry dalam air panas selama lima menit. Tiriskan air, lalu tambahkan buah beri ke dalam blender, bersama dengan satu cangkir nanas segar, satu cangkir blueberry, dan jus dari satu buah grapefruit. Blender hingga lembut dan halus.

Green Kiwi Smoothie
Campur dua buah kiwi yang dikupas dengan jus lemon, satu jeruk nipis, satu cangkir air kelapa, jus satu jeruk besar, satu tangkai peterseli, segenggam daun bayam, satu sendok makan biji chia, satu setengah sendok teh jahe segar, sedikit garam laut, dan es batu.

Ginger-Berry-Beet Smoothie
Tambahkan satu cangkir susu ke dalam blender. Tambahkan satu cangkir buah beri, tiga perempat cangkir nanas, dan seperempat cangkir bit. Tambahkan satu sendok teh jahe parut segar, satu setengah sendok teh turmeric yang baru diparut, seperempat alpukat, satu sendok biji chia, dan dua sendok teh madu mentah. Blender hingga halus, tambahkan lebih banyak susu untuk mencapai konsistensi yang Anda inginkan.

Oatmeal Detox Smoothie
Dalam blender, gabungkan satu seperempat cangkir gandum, satu cangkir almond atau susu nabati, satu setengah cangkir air kelapa, satu setengah apel hijau, seperempat cangkir peterseli dan daun ketumbar, satu sendok makan madu asli, dan beberapa es batu. Blender hingga halus.

Smoothie Cranberry
Pada blender, masukkan satu cangkir cranberry beku, satu apel yang telah dikupas dan buang bijinya, satu setengah cangkir susu nabati, satu setengah cangkir air atau air kelapa, dan satu setengah sendok teh bubuk kayu manis dan kunyit. Blender hingga halus.

Citrus Smoothie
Cuci dan kupas satu jeruk pusar, satu jeruk keprok, dua buah pisang, satu lemon Meyer, dan satu buah lime Meyer. Masukkan ke dalam blender. Tambahkan seperempat hingga setengah lemon dan jeruk nipis, tergantung selera Anda. Tambahkan seperempat cangkir susu nabati dan es batu. Blender hingga halus. Anda dapat menambahkan buah atau susu tambahan untuk mencapai cita rasa yang Anda inginkan.

Kata Penutup

Mengkonsumsi minuman detoks adalah cara yang bagus untuk membersihkan tubuh dari limbah dan racun yang mungkin menghambat atau memengaruhi kesehatan Anda.

Jika Anda mengalami masalah kulit, perubahan suasana hati, kelelahan, atau masalah pencernaan, maka mencoba rejimen minuman detoks bisa menjadi solusi yang tepat. Sebagai bagian dari gaya hidup sehat, minuman detoks dapat berkontribusi untuk kesehatan dan kebahagiaan Anda secara keseluruhan.

Tinggalkan komentar