35 Manfaat Daun Sirsak, Begini Cara Membuat Obatnya

Apa saja manfaat yang bisa kita peroleh dari daun sirsak? Bagaimana cara mengolah daun sirsak untuk bahan obat-obatan? Daun sirsak semakin populer sebagai salah satu obat alami untuk mengobati penyakit kanker. Daun tumbuhan yang juga dikenal dengan graviola atau soursop ini berperan penting dalam menghancurkan sel kanker yang 10 ribu kali lebih kuat dari terapi kemo.

Salah satu perusahaan dunia kabarnya telah lama merahasiakan penemuan riset tentang khasiat daun sirsak. Mereka ingin agar dana riset yang dikeluarkan sangat besar, selama bertahun-tahun, ditambah keuntungan yang melimpah dengan cara membuat pohon Graviola Sintetis sebagai bahan utama obat pengobatan kanker.

Pohon yang tumbuh tidak terlalu tinggi dan besar ini dinamai Graviola di Brasil, di Spanyol disebut Guanabana, di Inggris disebut Soursop, dan di Malaysia disebut Durian Belanda. Buahnya agak besar, kulitnya berduri lunak, daging buah berwarna putih, rasanya masam-masam manis, dapat dimakan langsung dengan cara membuka kulitnya atau dibuat jus.

Khasiat dari olahan buah dan daun sirsak ini memberikan efek anti tumor / kanker yang sangat kuat, dan terbukti secara medis menyembuhkan segala jenis kanker. Selain itu, sirsak juga berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur, efektif melawan berbagai jenis parasit dan cacing, menurunkan tekanan darah tinggi, depresi, stress, dan menormalkan kembali sistem saraf yang kurang baik.

Kandungan Nutrisi yang Terkandung dalam Daun Sirsak

Di Amerika Serikat, lebih dari 20 laboratorium telah meneliti dan menguji khasiat daun dan buah sirsak sejak tahun 1970-an. Adapun beberapa kandungan gizi yang terdapat di dalam daun sirsak, antara lain:

Iactones: Annohexocina; Annomuricina A, B, C dan E; Annomutacina; Annopentocinas A, B dan C; Muricoreacina; Gigantetronemina; Murihexocina A dan C; Javoricina
Isoquinolin: Anonaine; Anoniine; Atherospermine; Coreximine
Lipid: Asam Gentisic; Asam Lignoceric; CLA; Asam stearat

Hasil tes dari ekstrak sari sirsak yang dilakukan para peneliti, menemukan bahwa:

  • Secara efektif memilih target dan membunuh sel jahat dari 12 tipe kanker yang berbeda, diantaranya kanker usus besar, kanker payu dara, kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker pankreas.
  • Daya kerjanya 10.000 kali lebih kuat dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan Adriamycin dan Terapi Kemo yang biasa digunakan.
  • Tidak seperti terapi kemo, sari buah ini secara selektif hanya memburu dan membunuh sel-sel jahat dan tidak membahayakan atau membunuh sel-sel yang sehat.

Manfaat Daun Sirsak untuk Obati Penyakit dan Kesehatan

Salah satu perusahaan obat terbesar di Amerika dengan omzet milyaran dollar melakukan riset luar biasa pada pohon sirsak atau Graviola yang tumbuh di hutan Amazon. Ternyata beberapa bagian dari pohon ini seperti kulit kayu, akar, daun, daging buah dan bijinya, selama berabad-abad menjadi obat bagi suku Indian di Amerika Selatan untuk menyembuhkan berbagai penyakit dalam, seperti sakit jantung, asma, hati dan rematik. Nah, berikut ini akan diuraikan tentang beragam jenis penyakit yang mungkin bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi ekstrak daun sirsak.

1. Daun Sirsak untuk Obat Rematik

Rematik adalah gangguan persendian dan tulang yang sering menimpa orang dewasa dan manula. Daun sirsak yang telah ditumbuk halus dapat menjadi obat mujarab untuk mengurangi rematik atau nyeri atritis. Tempelkan pasta daun sirsak pada bagian tubuh yang terasa nyeri. Lakukan secara rutin dua kali sehari hingga efek sakit rematik menjadi berkurang dan hilang.

2. Daun Sirsak untuk Obat Diabetes

Diabetes adalah masalah perubahan kadar gula yang melebihi batas, dimana kadar gula normal berkisar antara 70 mg sampai 120 mg. Nutrisi yang terdapat dalam sari daun sirsak dapat menormalkan kembali fluktuasi kadar gula, sehingga merupakan bahan obat diabetes alami. Untuk mendapatkan manfaat dari daun sirsak dalam mengobati diabetes, anda perlu memetik 3-6 helai daun sirsak yang direbus dalam 3 gelas air putih. Biarkan mendidih dan menguap hingga tersisa menjadi 1 gelas air. Biarkan agak dingin sebelum diminum. Konsumsi secara rutin pagi hari dan malam hari untuk penderita diabetes. Terapkan selama secara rutin 3-5 hari, lalu cek kadar gula darah anda.

3. Daun Sirsak untuk Obat Kanker

Seperti yang dijelaskan di atas, ekstrak daun sirsak mengandung senyawa Acetoginin yang terdiri dari bulatacin, asimisin dan squamosin, bertindak sebagai anti-feedent. Hasil riset dan penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa sirsak memiliki bahan aktif yang 10,000 kali lebih kuat dari kemoterapi dalam melawan sel-sel kanker. Dengan demikian, daun sirsak dapat mengobati berbagai jenis kanker termasuk prostat, paru-paru dan kanker payudara.

Untuk mendapatkan manfaat daun sirsak dalam pengobatan kanker, anda perlu mengkonsumsi 1 gelas ekstrak daun sirsak secara rtuin setiap hari selama 5-6 minggu. Cara membuat obat dari sari daun sirsak adalah dengan merebus 10-12 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air hingga mendidih dan menguap sampai tersisa 1 gelas saja. Air rebusan daun sirsak tersebut yang diminum tiap pagi selama 5-6 minggu.

Selain direbus, sari daun sirsak juga bisa diperoleh dalam bentuk jus. Ambil 35 lembar daun sirsak, lalu cuci bersih. Setelah itu, masukkan ke dalam blender bersama 1 liter air matang. Setelah diblender, saring airnya dan simpan di dalam kulkas. Minum segelas sehari selama 5-6 minggu, dan lebih bagus diminum ketika jam 2-5 pagi. Rasanya memang kecut pahit, seperti mengunyah daun mentah, tetapi khasiatnya bagus untuk melawan penyakit kanker.

4. Daun Sirsak untuk Obat Asam Urat

Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Gangguan asam urat juga dapat diatasi dengan konsumsi sari daun sirsak. Cara membuat ramuannya adalah dengan memasak 7-10 lembar daun sirsak yang sudah agak tua tapi masih hijau ke dalam 2 gelas air. Biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas saja. Sari daun sirsak ini harus diminum pagi dan sore masing-masing setengah gelas.

5. Daun Sirsak untuk Mengurangi Bisul di Kulit

Bisul kadang muncul di berbagai tempat di kulit anda. Selain mengganggu aktivitas, bisul juga bisa menyebabkan terjadinya infeksi yang mungkin berbahaya bagi kulit. Kandungan senyawa pada daun sirsak juga bisa meredakan peradangan bisul pada kulit. Caranya, ambil 5-7 lembar daun sirsak yang masih muda, kemudian haluskan menjadi pasta. Tempelkan pasta tersebut pada area bisul dan sekitarnya. Lakukan secara rutin pada pagi dan sore hingga bisul mulai mengering dan mengecil.

6. Daun Sirsak untuk Obat Sakit Punggung

Nyeri punggung adalah salah satu gangguan kesehatan yang menyerang otot dan tulang yang sering dialami orang dewasa dan manula atau ketika salah berolahraga. Menggunakan obat kimia untuk nyeri punggung bisa bisa menimbulkan efek samping. Daun sirsak adalah obat herbal yang efektif untuk mengobati sakit punggung tanpa efek negatif. Anda bisa merebus 20 lembar daun sirsak dalam 5 gelas air sampai hanya 3 gelas air yang tersisa. Minum ¾ cangkir ramuan ini sekali dalam sehari untuk menghilangkan rasa sakit di punggung.

7. Daun Sirsak untuk Obat Eksim

Selain bisul, daun sirsak juga ampuh dalam mengobati eksim. Penyakit kulit yang disebut eczema ini adalah kelainan kondisi kulit sehingga terlihat terlalu basah atau terlalu kering. Cara membuat obat eksim sama seperti cara mengobati bisul. Pasta dioles dan ditempelkan pada bagian tubuh yang terindikasi eksim.

8. Daun Sirsak untuk Mengurangi Komedo

Daun sirsak yang telah dihaluskan dan ditambahkan denga air mawar jika dioleskan pada kulit dapat sangat berguna dalam mencegah terjadinya komedo dan masalah kulit lainnya juga.

9. Daun Sirsak untuk Mengobati Wasir atau Ambeien

Wasir adalah sejenis penyakit yang menyerang rektum. Penyakit ini bisa sangat berbahaya karena bisa membuat pendarahan di rektum, sehingga pastinya sangat menyakitkan untuk dirasakan setiap penderita hemoroid. Jika Anda ingin melindungi rektum Anda dari penyakit ini atau jika Anda ingin meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit wasir, maka daun sirsak dapat menjadi obat mujarab yang alami.

Daun sirsak mengandung senyawa yang bisa menghentikan pendarahan rektum dan juga bisa membuat otot di sekitar rektum Anda menjadi lebih rileks dari sebelumnya, sehingga akan meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh wasir. Minumlah sari ekstrak daun sirsak segelas sehari secara rutin untuk mengurangi efek wasir.

10. Daun Sirsak untuk Lindungi Anda dari Kolesterol

Gaya hidup yang tak sehat, seperti jarang berolahraga atau sering mengkonsumsi junk food dapat membuat kadar kolesterol jahat di tubuh Anda meningkat secara tiba-tiba. Anda mungkin bertanya-tanya apa sumber herbal yang dapat membantu menyingkirkan kadar kolesterol jahat ini dari tubuh Anda.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa daun sirsak juga bisa sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuh Anda. Daun sirsak mengandung beberapa senyawa yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dari tubuh Anda.

11. Daun Sirsak untuk Mengobati Penyakit Hati dan Menurunkan Tingkat Glukosa

Daun sirsak, jika dicampur dengan teh, akan berkhasiat mengobati penyakit hati. Hal ini karena daun sirsak bisa merangsang produksi hormon insulin dengan membantu sel beta di pankreas. Selain mengobati penyakit hati, daun sirsak juga mampu menurunkan kadar glukosa Anda karena peningkatan produksi hormon insulin, yang akan mengubah glukosa menjadi energi. Buatlah ekstrak daun sirsak dengan cara merebus 10-12 lembar daun dengan 3 gelas air. Rebus hingga mendidih dan tersisa 1 gelas air rebusan. Minum 1-2 gelas sehari pagi dan sore.

12. Daun Sirsak untuk Anti Penuaan

Daun sirsak mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi, yang akan sangat bermanfaat untuk melepaskan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan banyak masalah bagi kesehatan kulit, termasuk yang terkait dengan tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis halus, dan pigmentasi berat yang dapat mempengaruhi penampilan Anda secara keseluruhan. Antioksidan yang terkandung dalam daun sirsak akan melindungi Anda dari gejala tersebut, sehingga Anda akan lebih percaya diri dari sebelumnya. Merebus daun sirsak dan mengkonsumsi sarinya adalah cara untuk mendapatkan manfaat anti-aging.

13. Daun Sirsak untuk Melindungi Rambut dari Kutu

Terkadang sangat sulit menjaga rambut Anda tetap sehat karena paparan polutan lingkungan dan sinar matahari langsung saat kita melakukan rutinitas sehari-hari. Kondisi demikian sering kali menyebabkan banyak masalah seperti ketombe, rambut rontok, uban prematur, dan rambut bercabang. Jika Anda ingin menjaga kesehatan rambut Anda, daun sirsak adalah salah satu sumber herbal yang harus Anda pertimbangkan karena memiliki beberapa kemampuan untuk menghambat pertumbuhan parasit yang bisa sangat berbahaya bagi rambut Anda.

Cara penggunaannya cukup mudah, yakni dengan merebus daun sirsak 10-20 menit lalu menggunakan air rebusan tersebut untuk keramas dapat membantu menghilangkan parasit termasuk kutu dan ketombe yang disebabkan oleh parasit tersebut.

14. Daun Sirsak untuk Meredakan Sakit

Beberapa hasil penelitian mengungkapkan bahwa daun sirsak mengandung sifat analgesik yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit, baik secara internal maupun eksternal. Anda bisa mengaplikasikannya secara internal dengan mengunyahnya, atau Anda juga bisa menerapkannya secara eksternal dengan menempelkan pasta daun sirsak pada bagian tubuh yang luka terbuka.

Dalam kasus rasa sakit yang berlebihan, Anda bisa merebus sekitar 20 daun sirsak dan mencampurnya dengan air, dan meminumnya setidaknya sekali sehari, masing-masing di pagi hari dan di malam hari.

15. Daun Sirsak untuk Tidur yang Nyenyak

Tahukah Anda bahwa daun sirsak memiliki peran dalam membuat kualitas tidur yang lebih baik. Daun sirsak bisa digunakan untuk mempromosikan tidur karena merupakan sumber aromaterapi yang baik. Aromaterapi daun sirsak ini akan membuat Anda menjadi rileks sehingga Anda akan mendapatkan kualitas tidur di malam hari. Jadi, jika Anda menderita insomnia, Anda bisa mencoba aromaterapi herbal ini.

Manfaat Lain yang Bisa Diperoleh dari Daun Sirsak

Selain yang sudah disebutkan di atas, kandungan senyawa dan nutrisi pada daun sirsak juga memiliki peran penting lainnya, di antaranya:

16. Anti Malaria: untuk mencegah malaria.
17. Diuretik: daun sirsak memiliki zat untuk mempromosikan diuresis.
18. Vermifuge: obat anthelmintik, zat yang dapat membunuh cacing usus
19. Astringent: untuk meminimalkan kulit kering.
20. Antimutagenik: zat untuk mencegah gen mutasi.
21. Hipotensi: membantu penyembuhan darah rendah.
22. Antibakteri: daun sirsak adalah sumber alami untuk membunuh bakteri pada tubuh.
23. Antivirus: daun sirsak memiliki kemampuan mencegah virus tumbuh.
24. Anti tumor: daun sirsak untuk mencegah tumor.
25. Anti parasit: perlawanan parasit agar tidak tumbuh.
26. Analgesik: untuk menurunkan rasa sakit.
27. Nervin: untuk memperkuat saraf.
28. Anti peradangan (inflamasi): untuk menurunkan rasa sakit akibat peradangan.
29. Hipoglikemik: daun sirsak memiliki zat untuk menurunkan glukosa.
30. Galactogogue: untuk menghasilkan lebih banyak ASI bagi ibu.
31. Cardio-depressant: memperkuat aktivitas jantung.
32. Stomakik: zat yang memperkuat perut dan meningkatkan nafsu makan
33. Vasogilator: zat baik untuk pembuluh darah.
34. Antispasmodic: zat yang dapat merelaksasikan otot polos.
35. Obat penurun panas: zat yang dapat menurunkan panas demam badan.

Tips Konsumsi Daun Sirsak

Air rebusan daun sirsak memang terasa pahit dan kecut. Namun khasiatnya yang banyak, maka daun sirsak bisa dijadikan minuman teh herbal. Teh sirsak ini sangat penting untuk diminum jika Anda ingin melindungi diri dari segala jenis kanker. Inilah langkah bagaimana cara membuat teh sirsak yang sehat.

Pertama, Anda perlu merebus secangkir air. Ambil sekitar 3 sampai 5 daun sirsak segar yang sudah agak tua (hijau pekat), lalu potong kecil – kecil. Selanjutnya masukkan potongan daun sirsak itu ke dalam air mendidih, lalu tunggu sekitar 30 menit agar mendidih pada suhu sedang. Setelah 30 menit, saring tehnya. Teh sirsak yang panas dan sehat siap untuk disajikan. Anda mungkin perlu menambahkan sedikit gula atau madu, jadi tidak akan terasa terlalu pahit.

Efek Samping Ekstrak Daun Sirsak

Meskipun ekstrak daun sirsak memiliki segudang manfaat untuk tubuh, namun juga ada efek sampingnya. Beberapa efek samping yang harus Anda pertimbangkan sebelum Anda mencoba menggunakannya ke tubuh Anda, baik secara internal maupun eksternal, antara lain:

a. Penyakit Parkinson

Beberapa penelitian membuktikan bahwa daun sirsak memiliki senyawa kimia yang juga hadir pada manusia yang menderita Parkinson. Penyakit parkinson adalah kerusakan otak dan saraf progresif yang mempengaruhi gerakan (motor system), terjadi karena hilangnya sel-sel otak yang memproduksi dopamin. Jadi, jika Anda sedang mengalami parkinson memiliki riwayat kelainan Parkinson maka perlu menghindari daun sirsak karena bisa membuat gejala Anda menjadi lebih buruk dari sebelumnya.

b. Masalah Neurotoksisitas

Menurut beberapa peneliti, mengkonsumsi teh sirsak terlalu sering akan membawa Anda masalah yang berkaitan dengan neurotoksisitas. Apa itu neurotoksisitas? Neurotoksisitas adalah sejenis kerusakan otak yang pada akhirnya dapat mengganggu neuron (saraf). Gejala gangguan neurotoksik ini sangat berbahaya, seperti kehilangan ingatan, sakit kepala, dan disfungsi seksual. Jadi, disarankan untuk mengkonsumsi teh sirsak dalam jumlah sedang. Jika Anda mengonsumsinya 2 atau 3 cangkir per hari, Anda akan aman dan tidak akan ada efek berbahaya pada tubuh Anda, termasuk masalah neurotoksisitas ini.

c. Tingkat Tekanan Darah Rendah

Ada beberapa penelitian dan percobaan yang dilakukan pada hewan menunjukkan bukti bahwa daun sirsak dapat menurunkan kadar tekanan darah dalam tubuh. Jadi, akan sangat berbahaya jika orang dengan tekanan darah rendah mengkonsumsinya. Sebaliknya, jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, Anda juga harus memperhatikan dosis daun yang harus Anda konsumsi ini karena terlalu sering mengkonsumsinya dapat membawa Anda ke berbagai masalah seperti neurotoksisitas seperti yang telah disebutkan di atas, dan juga muntah atau mual.

Nah, demikianlah sekilas penjelasan mengenai manfaat dan cara membuat obat herbal dari daun sirsak. Terima kasih telah membaca tulisan ini, jangan lupa share ke media sosial agar bermanfaat bagi teman-teman anda.

Tinggalkan komentar