5 Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder, Ini Tips Resepnya

Apakah anda memiliki hobi membuat kue? Pernahkah anda mendengar istilah baking soda dan baking powder? Jika ya, tahukah perbedaan kedua bahan tersebut? Bagi ibu-ibu rumah tangga yang hobi membuat kue, tentu bahan baking soda atau soda kue dan baking powder sudah cukup familiar di telinga. Tapi, sering kali banyak orang yang masih keliru dan menganggapnya kedua bahan pengembang kue tersebut adalah sama.

Hal ini yang terkadang membuat hasil adonan kue menjadi kurang sempurna dan terasa hambar. Nah, untuk melengkapi wawasan kuliner anda dalam bidang pastry, kali ini akan dipaparkan sejumlah perbedaan antara baking soda dan baking powder, serta tips-tips khusus terkait dengan kedua bahan tersebut.

Apa Itu Baking Soda dan Baking Powder?

Untuk membuat kue dan roti menjadi lebih bervolume dan empuk, maka perlu menambahkan bahan pengembang kue. Bahan ini bisa berupa bahan yang bekerja secara biologis seperti ragi, atau bahan pengembang yang bekerja dengan proses kimia, seperti baking soda (soda kue) dan baking powder. Keduanya menghasilkan reaksi kimiawi dengan melepas gas karbon dioksida, sehingga membentuk gelembung-gelembung dalam adonan dan membuatnya mengembang (bervolume).

Secara struktur kimia, bahan ini sering disebut sebagai natrium bikarbonat (NaHCO3), sodium bikarbonat atau natrium hidrogen karbonat yang merupakan kristal berbentuk serbuk. Senyawa ini bersifat alkaloid (basa) yang larut dalam air dan tentunya akan bereaksi dengan zat asam untuk menghasilkan gelembung-gelembung busa.

Baking Soda vs Baking Powder

Meskipun keduanya memiliki fungsi yang sama, baking soda atau soda kue memiliki sejumlah perbedaan dengan baking powder. Apa saja perbedaan kedua bahan tersebut? Sebelum itu, ada baiknya anda juga membaca 40 manfaat fantastik dari baking soda.

1. Kandungan bahan

Baking soda atau soda kue hanya mengandung natrium bikarbonat saja, sedangkan baking powder merupakan campuran natrium bikarbonat dengan komponen asam seperti cream of tartar, sodium asam pirofosat dan bahan pengemulsi. Ini artinya, baking powder adalah soda kue yang telah dicampurkan dengan bahan tambahan.

2. Kemampuan bahan

Baking soda maupun baking powder sama-sama berwujud bubuk putih. Namun, baking soda 3-4 kali lebih kuat daripada baking powder. Penggunaannya tergantung bahan yang digunakan. Jika Anda ingin membuat kue tanpa telur, Anda bisa menggunakan baking powder, tapi jika adonan kue Anda memakai telur, Anda bisa menggunakan baking soda.

3. Rasa bahan

Baking soda memiliki rasa pahit jika tidak dicampur bahan asam, sedangkan baking powder memiliki rasa netral dan biasa dicampur dengan bahan netral seperti susu. Kue atau roti yang menggunakan baking soda umumnya akan terasa lebih pahit, terlebih jika jumlah baking soda yang dituangkan terlalu banyak.

Sedangkan kue atau roti yang memakai baking powder umumnya tidak akan menghasilkan rasa pahit atau getir karena Natrium Bikarbonat akan habis bereaksi dengan Sodium Asam Pirofosfat dan bahan pengemulsinya.

4. Sifat bahan

Baking soda melakukan reaksi yang lebih cepat. Proses pengembangan adonan akan langsung terjadi saat baking soda bercampur dengan bahan asam. Oleh karena itu, adonan yang sudah mengembang harus segera dikukus atau dipanggang. Jika agak lama, maka kue yang dihasilkan kurang sempurna dan tidak empuk.

Sementara itu, baking powder yang digunakan dalam adonan dapat dibiarkan sejenak. Baking powder ada 2 jenis, yakni single acting dan double acting. Produk baking powder tipe double acting yang banyak beredar di pasaran akan melakukan proses pengembangan dalam dua tahap, yakni saat membuat adonan dan ketika proses oven atau pemanasan. Sehingga adonan bisa dibiarkan sebentar tanpa perlu takut adonan kue akan menjadi bantat (tidak mengembang).

5. Penggunaan bahan

Dalam penggunaannya, baking soda sebaiknya dicampur dengan adonan yang mengandung bahan asam, seperti buttermilk, cuka, sour ceam, air lemon bahkan madu. Baking soda dipakai dalam resep kue-kue kering dan kue yang memakai campuran buah atau manisan buah dan kue yang dipanggang atau dikukus, sementara baking powder sering digunakan saat membuat cake.

Sebagai bahan pengembang kue, kekuatan dan reaksi baking soda maupun baking powder bisa hilang setelah beberapa waktu, terutama jika disimpan di tempat hangat, lembap, atau jika tidak disegel dengan rapat. Untuk hasil adonan terbaik, gantilah setelah enam bulan.

Cara Menguji Apakah Baking Soda dan Baking Powder Masih Bagus Dipakai

Baking soda dan baking powder yang disimpan dengan baik pada suhu kamar yang tepat akan mampu bertahan hingga setahun. Saat anda membuat kue yang membutuhkan pengembang, sebaiknya terlebih dahulu menguji kekuatan reaksi dari soda kue dan baking powder yang akan digunakan. Jangan sampai anda menggunakan bubuk baking powder dan baking soda yang sudah lemah sehingga adonan kue dan roti yang yang dihasilkan tidak mengembang sempurna. Untuk mengujinya, ikuti langkah berikut:

Menguji baking soda

Untuk menguji baking soda, tuangkan 3 sendok makan cuka ke dalam mangkuk kecil. Tambahkan 1/2 sendok teh baking soda. Aduk perlahan. Campuran tersebut seharusnya menghasilkan reaksi bubble (gelembung) yang banyak. Jika tidak ada reaksi, silakan beli yang baru.

Menguji baking powder

Untuk menguji baking powder, tuangkan 3 sendok makan air hangat ke dalam mangkuk kecil. Tambahkan 1/2 sendok teh baking powder, lalu aduk perlahan. Campuran tersebut seharusnya mendesis dan berbusa. Jika tidak ada reaksi, buang baking powder tersebut dan beli yang baru.

Cara Mengganti Baking Soda dengan Baking Powder

Jika resep kue yang anda buat membutuhkan baking soda, dan di dapur anda hanya tersedia baking powder, maka anda tak perlu risau. Satu sendok baking soda dapat diganti dengan 2-3 sendok baking powder.

Cara Mengganti Baking Powder dengan Baking Soda

Bila anda hanya memiliki baking soda, sementara resep roti anda memerlukan baking powder, maka anda bisa mengakalinya. Buatlah campuran baking soda dengan cuka atau air lemon dengan perbandingan 1 : 2. Atau anda bisa membuat baking powder sendiri dengan campuran baking soda dan krim tartar, 1 banding 2.

Tips Praktis Menggunakan Baking Soda dan Baking Powder

Untuk menentukan jumlah baking soda atau baking powder yang digunakan dalam adonan kue, anda bisa mengikuti panduan praktis berikut. Tapi ini juga tergantung jenis resepnya. Secara sederhana, 1 cangkir tepung idealnya membutuhkan 1/4 sendok teh baking soda. Sementara, 1 cangkir tepung idealnya ditambahkan 1 sendok teh baking powder.

Tinggalkan komentar